Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan wacana berikut! Jarak pengereman mobil bukan hanya dipengaruhi faktor internal

Perhatikan wacana berikut!

Jarak pengereman mobil bukan hanya dipengaruhi faktor internal seperti ban, bobot, kecepatan, dan teknologi rem kendaraan. Jarak pengereman mobil juga dipengaruhi oleh permukaan jalan yang dilewati saat proses pengereman berlangsung. Ada beberapa faktor permukaan jalan yang memengaruhi jarak pengereman mobil. Terutama adalah dari kondisi permukaan jalan yang dilewati pengemudi yang berkaitan juga dengan grip ban. Misalnya mobil dengan sistem rem ABS (anti-lock brake system) mengerem di jalan aspal halus, maka jarak pengeremannya akan lebih jauh bila dibandingkan dengan mengerem di jalan aspal kasar. Ini karena permukaan aspal yang kasar akan memberikan gaya gesekan serta grip yang lebih baik. Hal tersebut juga berkaitan dengan faktor berikutnya, yaitu koefisien gesekan permukaan jalan. Contoh lainnya, melakukan jarak pengereman mobil berteknologi ABS di jalan yang basah akan lebih jauh dibandingkan jarak pengereman di jalan yang kering. Ini karena jalan yang basah akan memberikan koefisien gesekan yang lebih rendah daripada jalan kering.

Jika Anda kesulitan mengukurnya, Anda bisa lihat tabel kecepatan dan jarak aman mengemudi pada saat melakukan pengereman.

Menurut tabel di atas jika kecepatan mobil 70 km/jam dan jarak antarmobil 58,3 m, serta mobil yang di depannya dengan tiba-tiba berhenti, waktu yang dibutuhkan oleh mobil sampai berhenti supaya tidak menabrak mobil di depannya adalah sekitar ….

   A. 4 sekon

   B. 6 sekon

   C. 8 sekon

   D. 10 sekon 

   E. 15 sekon

Pembahasan:

Diketahui:

   v0 = 70 km/jam = 70/3,6 m/s

   s = 58,3 m

Ditanya:

   t = …. ?

Dijawab:

Kita bisa lakukan perhitungan seperti berikut:

Jadi waktu yang dibutuhkan oleh mobil sampai berhenti adalah 6 s.

Jawaban: B

++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Perhatikan wacana berikut! Jarak pengereman mobil bukan hanya dipengaruhi faktor internal"