Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peraturan perundang-undangan di Indonesia mengenal hierarki. Tata urutan peraturan

Peraturan perundang-undangan di Indonesia mengenal hierarki. Tata urutan peraturan perundang-undangan dilaksanakan sesuai prinsip atau asas yang berlaku dalam hukum. Identifikasikan prinsip-prinsip dalam hierarki peraturan perundang-undangan!

Jawab:

Prinsip-prinsip dalam hierarki peraturan perundang-undangan antara lain sebagai berikut.

a. Lex Superiori Derogat Legi Inferiori. Pada dua peraturan yang hierarkinya tidak sederajat dan saling bertentangan, maka peraturan yang kedudukannya lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi.

b. Lex Specialis Derogat Legi Generali. Pada dua peraturan yang hierarkinya sederajat dengan materi yang sama, maka peraturan yang lebih khusus mengesampingkan peraturan yang lebih umum.

c. Lex Posteriori Derogat Legi Priori. Apabila ada dua peraturan yang hierarkinya sederajat, peraturan yang baru mengesampingkan peraturan lama. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya ketidakpastian hukum.

d. Peraturan perundang-undangan yang masih berlaku hanya dapat dihapus, dicabut, atau diubah oleh peraturan perundang-undangan yang tingkatan atau kedudukannya sederajat atau lebih tinggi.

++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Peraturan perundang-undangan di Indonesia mengenal hierarki. Tata urutan peraturan"