Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebebasan pers penting di sebuah negara. Bahkan kebebasan pers bisa menjadi indikator

Perhatikan artikel berikut!

Kebebasan pers di Indonesia saat ini disebut terus menunjukkan tren peningkatan atau semakin membaik. Namun demikian masih banyak catatan dan tantangan yang harus dihadapi Insan pers di era digital saat ini.

Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya mengatakan, Dewan Pers menggunakan parameter Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) untuk menggambarkan kebebasan pers di tanah air.

"Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) saat ini berada di kisaran 77,8. Hal Ini menunjukkan bahwa kebebasan pers di tanah air kian membaik," ujar Agung saat berbicara dalam kegiatan diskusi bertajuk "Refleksi Indeks Kebebasan Pers" di Indonesia, yang digelar di Monumen Pers Nasional, Solo, Rabu (31/5/2023).

Agung tidak membantah adanya paramater lain atau survei yang dilakukan pihak lain, tetapi yang Jelas Dewan Pers menggunakan IKP untuk mengetahui atau mengukur kebebasan pers di Indonesia sebagaimana diatur dalam pasal 15 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Angka IKP merupakan penggabungan rata-rata nilai dari setidaknya 34 provinsi yang diberi bobot 70 persen ditambah dengan rata-rata nilai dari Dewan Penyella Nasional (National Assessment Councill NAC) yang diberi bobot 30 persen. Agung juga menjelaskan kebebasan pers saat Ini masih menghadapi banyak tantangan. Tak sedikit masyarakat yang belum memahami fungsi hak Jawab ketika mempersoalkan produk- produk jurnalistik sehingga mereka serta-merta melaporkan ke pihak berwajib bukan ke Dewan Pers.

Kebebasan pers penting di sebuah negara. Bahkan kebebasan pers bisa menjadi indikator pelaksanaan demokrasi. Namun, kebebasan pers juga bisa berdampak negatif jika tidak dibatasi. Identifikasikan hal-hal yang bisa diterapkan untuk membatasi kebebasan pers!

Jawab:

Berikut hal-hal yang bisa diterapkan untuk mem- batasi kebebasan pers. 

1. Pemberlakuan hukum atau undang-undang. 

2. Taat pada etika profesi. 

3. Membela kepentingan publik. 

4. Taat pada tradisi-tradisi pers yang bebas.

++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga


Post a Comment for "Kebebasan pers penting di sebuah negara. Bahkan kebebasan pers bisa menjadi indikator"