Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang agar terwujud kehidupan masyarakat yang adil, tertib, dan

Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang agar terwujud kehidupan masyarakat yang adil, tertib, dan tenteram. Tunjukkan alasannya!

Jawab:

Alasan penyebab pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang, serasi, dan selaras antara lain sebagai berikut.

a. Menghindarkan diri dari sikap egois. Seseorang yang bersikap egois terlalu banyak menuntut haknya, sementara kewajibannya diabaikan. Mengerti dan memahami makna hak dan kewajiban menghindarkan kita dari sikap egois.

b. Menumbuhkan sikap toleran. Kebinekaan bangsa Indonesia merupakan suatu kodrat (given) dari Tuhan Yang Maha Esa. Perbedaan tersebut bukan hanya secara fisik, melainkan juga perbedaan cara pandang dan pendapat yang berkaitan dengan penerapan hak dan kewajiban. Oleh karena itu, diperlukan sikap toleran berupa sikap saling menghargai dan menghormati keberadaan orang lain. Dengan demikian, kita terhindar dari perilaku diskriminasi.

c. Kesadaran diri sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia. Kesadaran diri seseorang membuatnya berhati-hati. Sebelum bertindak, ia akan berpikir terlebih dahulu. Itu merupakan pencegahan supaya tidak melanggar hak orang lain.

d. Supaya bijak dalam menggunakan kekuasaan. Setiap orang pada dasarnya adalah pemimpin, baik sebagai pemimpin bagi teman, komunitas, keluarga, ataupun masyarakat. Bijak dalam menggunakan pengaruh dan kekuasaan dapat menghindarkan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban.

++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang agar terwujud kehidupan masyarakat yang adil, tertib, dan"