Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuliskan beberapa pengertian pendapatan nasional

Tuliskan beberapa pengertian pendapatan nasional.

Jawab:

Beberapa pengertian mengenai pendapatan nasional sebagai berikut. 

1. Pendapatan nasional adalah total nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam periode tertentu yang dihitung berdasarkan nilai pasar. 

2. Pendapatan nasional adalah jumlah barang dan jasa yang diproduksi oleh sebuah negara dalam setahun yang diukur dengan satuan uang. 

3. Pendapatan nasional merupakan jumlah total antara upah, sewa, bunga, dan keuntungan yang diterima per tahunan oleh warga negara. 

4. Pendapatan nasional juga dapat berupa hasil dari empat faktor produksi, yaitu tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan dalam tempo satu tahun atas usaha memproduksi barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat dalam suatu negara. 

5. Pendapatan nasional merupakan aliran pendapatan sejauh berasal dari faktor-faktor produksi yang ditanamkan pada kekayaan nasional (aset) yang berupa sumber daya alam dan fisik, hasil bumi, peralatan dan teknologi. Kekayaan nasional merupakan dana pada suatu masa yang sudah ditentukan. 

6. Pendapatan nasional juga disebut sebagai dividen nasional karena merupakan pendapatan nasional yang mencerminkan pendapatan-pendapatan yang dibagi atas empat faktor produksi, yaitu tanah yang disewa, upah tenaga kerja, bunga atas modal, dan keuntungan perusahaan. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Tuliskan beberapa pengertian pendapatan nasional"