Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan bacaan berikut! Virus pada dasarnya adalah makhluk hidup yang dapat berkembang biak dan

Perhatikan bacaan berikut!

Virus pada dasarnya adalah makhluk hidup yang dapat berkembang biak dan memiliki naluri bertahan hidup. Apabila menemukan tempat yang cocok untuk menetap, virus akan bertahan pada inangnya dan berevolusi melalui mutasi. Ahli virologi yang juga Direktur Laboratorium KalGen Innolab, Andi Utama mengatakan, selama virus memiliki kesempatan berkembang biak, maka proses mutasi itu akan terus terjadi. "Terlebih material genetik dari virus adalah RNA, di mana mutasi RNA jauh lebih cepat daripada DNA," kata Andi dalam keterangan tertulis, Minggu, 6 Februari 2022.

Ada bermacam mutasi yang menguntungkan dan merugikan virus. Apabila mutasi tersebut tidak menguntungkan, maka virus akan hilang. Adapun Omicron adalah mutasi yang berhasil membuat virus Corona bertahan. Kementerian Kesehatan telah menetapkan dua cara untuk mendeteksi varian Omicron. Pertama dengan tes S-Gene Target Failure atau STGF dan kedua dengan Single Nucleotide Polymorphism atau SNP. Cara kerja tes STGF adalah mencari gen S yang tidak bisa terdeteksi oleh metode semula yang memang didesain untuk virus original.

Bagaimana cara mengidentifikasi COVID-19 varian Omicron?

Jawab:

Cara mengidentifikasi virus varian Omicron adalah melalui dua metode yang telah dietapkan oleh Kementerian Kesehatan.

  1. Pertama, menggunakan tes S-Gene Target Failure (STGF), yang mencari gen S (Spike protein) yang tidak bisa terdeteksi oleh metode semula yang didesain untuk virus original.
  2. Kedua, menggunakan metode Single Nucleotide Polymorphism (SNP) untuk menganalisis variasi tunggal pada nukleotida dalam genom virus, yang memungkinkan identifikasi perubahan genetik yang khas pada varian Omicron.

Kedua metode ini digunakan untuk memastikan deteksi dan pemahaman terhadap varian Omicron yang memiliki mutasi khusus yang membedakannya dari varian lain dalam pandemi COVID-19.

++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Perhatikan bacaan berikut! Virus pada dasarnya adalah makhluk hidup yang dapat berkembang biak dan"