Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meluasnya Kesenjangan Sosial: Ancaman Terbesar Revolusi Industri 4.0

Perhatikan stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. АКМ

Meluasnya Kesenjangan Sosial: Ancaman Terbesar Revolusi Industri 4.0

Beberapa tahun terakhir, mayoritas negara-negara maju serta negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat telah mengalami penurunan penyaluran tenaga kerja secara drastis. Perubahan struktur tenaga kerja terjadi akibat hilangnya pekerjaan yang disebabkan oleh meluasnya inovasi dan teknologi.

"Hilangnya pekerjaan-pekerjaan lama disertai dengan meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja ahli yang tidak dapat dipenuhi oleh banyak masyarakat," kata Robertus Robert saat menjadi narasumber pada the 5th Jakarta Geopolitical Forum 2021 yang mengangkat tema "Culture and Civilization: Humanity at the Crossroad secara daring.

Dalam uraian Klaus Schwab, lanjut Robert, disebutkan bahwa pengambil keuntungan terbesar dari Revolusi Industri 4.0 adalah para pemodal, industriawan penyedia tenaga intelektual atau modal psikis: para inovator dan para penemu. Kondisi ini menegaskan adanya kesenjangan antara para pekerja dengan para inovator dan para pemilik kapital. Meluasnya ketaksetaraan sosial merupakan ancaman terbesar dari Revolusi Industri 4.0. Segala kemajuan sains dan teknologi justru makin menegaskan dimensi kesenjangan dan ketidakadilan dalam masyarakat. Begitu pula pada masa pandemi Covid-19, strata dan hierarki kesenjangan antarnegara makin terlihat dan menguat. Negara-negara dengan ekonomi yang lebih rendah, sumber daya keuangan yang terbatas, dan sistem kesehatan yang rapuh, sering terjebak dilema antara menyelamatkan nyawa atau menyelamatkan ekonomi. Sains dan modernitas telah menggantikan ide-ide dominan lama mengenai nasib, kesempatan, dan alam semesta. Hal-hal yang dahulu diciptakan manusia sebagai kesempatan dan kemajuan kini justru berbalik menjadi ancaman.

Teknologi makin berkembang dalam bentuk yang tidak dapat lagi diperkirakan arah dan ujungnya. Hal ini memungkinan terjadinya kemampuan refleksi historisitas manusia sudah akan dilampaui oleh teknologi. Sehingga suatu saat, teknologi akan mengalami otonomisasi, terasing, dan lepas dari kendali manusia. Kemudian, sedikit demi sedikit, keyakinan manusia akan kemajuan industri akan sama dengan pesimisme manusia akan nasib bumi dan umat manusia di masa depan.


1. Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan yang sesuai dengan stimulus. 

 Ketaksetaraan sosial merupakan ancaman terbesar dari Revolusi Industri 4.0.

 Beberapa tahun terakhir, mayoritas negara-negara maju serta negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat telah mengalami peningkatan penyaluran tenaga kerja secara drastis. 

 Segala kemajuan sains dan teknologi justru makin menegaskan dimensi kesenjangan dan ketidakadilan dalam masyarakat. 

 Teknologi makin berkembang dalam bentuk yang dapat diperkirakan arah dan ujungnya.

Perubahan struktur tenaga kerja terjadi akibat hilangnya pekerjaan yang disebabkan oleh meluasnya inovasi dan teknologi.

Pembahasan:

• Pernyataan 1 sesuai. Ketaksetaraan sosial merupakan ancaman terbesar dari Revolusi Industri 4.0.

• Pernyataan 2 tidak sesuai. Beberapa tahun terakhir, mayoritas negara-negara maju serta negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat telah mengalami penuluran penyaluran tenaga kerja secara drastis.

• Pernyataan 3 sesuai. Segala kemajuan sains dan teknologi justru semakin menegaskan dimensi kesenjangan dan ketidakadilan dalam masyarakat.

• Pernyataan 4 tidak sesuai. Teknologi semakin berkembang dalam bentuk yang tidak dapat lagi diperkirakan arah dan ujungnya.

• Pernyataan 5 sesuai. Perubahan struktur tenaga kerja terjadi akibat hilangnya pekerjaan yang disebabkan oleh meluasnya inovasi dan teknologi.


2. Berdasarkan stimulus, berikan pendapat Anda mengenai upaya apa yang mampu menghadapi meluasnya kesenjangan sosial sebagai ancaman dari Revolusi Industri 4.0.

Pembahasan:

Upaya yang mampu dilakukan dalam menghadapi kesenjangan sosial sebagai ancaman dari Revolusi Industri 4.0 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu memanfaatkan teknologi dan informasi yang terus berkembang, dibutuhkan kerja sama yang baik dari semua kalangan, seperti pemerintah, pihak swasta, pemodal, investor, dan juga masyarakat.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Meluasnya Kesenjangan Sosial: Ancaman Terbesar Revolusi Industri 4.0"