Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pola-pola hereditas yang terjadi pada berbagai jenis tumbuhan dan hewan berbeda-beda. Berilah tanda

Pola-pola hereditas yang terjadi pada berbagai jenis tumbuhan dan hewan berbeda-beda. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan. 

Tabel 2.5 Pola-Pola Hereditas.

No.

Pernyataan

Benar

Salah

1.

Pada eksperimennya, Mendel menggunakan tanaman kacang ercis, sebab memiliki sedikit varietas.

 

2.

Pada pembentukan gamet, terjadi pemisahan pasangan alel secara bebas.

 

3.

Backcross dilakukan untuk mendapatkan individu yang bergalur murni.

 

4.

Variasi warna buah labu putih, kuning, dan hijau akibat peristiwa polimeri.

 

5.

Jika kita perhatikan dengan cermat, bentuk jengger pada kepala ayam bervariasi. Hal ini disebabkan adanya interaksi beberapa gen yang dapat menghasilkan sifat baru.

 

Pembahasan:

Pernyataan 1 salah, Mendel memilih tanaman kacang ercis dengan alasan memiliki banyak varietas dengan sifat pasangan yang kontras, dapat melakukan autogamy, mudah melakukan perkawinan silang, cepat menghasilkan biji, dan menghasilkan banyak keturunan sehingga pernyataan tersebut salah.

Pernyataan 2 benar, saat pembentukan gamet terjadi pemisahan pasangan alel secara bebas dalam proses yang disebut segregasi genetik.

Pernyataan 3 benar, backcross (persilangan balik) dilakukan untuk mengawinkan individu hibrida dengan salah satu dari orang tuanya atau dengan keturunan dari salah satu orang tua. Tujuannya adalah untuk memperkuat atau mempertahankan sifat dari salah satu orang tua. 

Pernyataan 4 salah, sifat variasi warna buah labu dikendalikan oleh dua pasang alel dalam lokus yang berbeda, dengan salah satu gen bersifat dominan dan kerjanya dapat menutupi gen lain, interaksi genetik ini disebut epistasis dominan bukan polimeri.

Pernyataan 5 benar, interaksi genetik beberapa gen yang menghasilkan sifat baru dan mengatur ekspresi fenotipe jengger ayam ini disebut atavisme. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Pola-pola hereditas yang terjadi pada berbagai jenis tumbuhan dan hewan berbeda-beda. Berilah tanda"