Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pada tanaman buah melon (Cucumis melo), alel warna buah putih bersifat dominan, dan alel warna buah

Pada tanaman buah melon (Cucumis melo), alel warna buah putih bersifat dominan, dan alel warna buah kuning bersifat resesif. Persilangan tanaman buah melon putih dengan tanaman buah melon kuning menghasilkan keturunan 505 tanaman buah melon putih dan 510 tanaman buah melon kuning. Genotipe kedua induk yang disilangkan adalah....

   A. Pp >< Pp

   B. pp >< pp

   C. PP >< Pp

   D. PP >< pp

   E. Pp >< pp

Pembahasan:

Dalam kasus ini, alel warna buah putih bersifat dominan (PP atau Pp) dan alel warna buah kuning bersifat resesif (pp). Dari hasil persilangan induk yang dicari, telah diketahui bahwa anakan yang dihasilkan adalah 505 tanaman buah melon putih dan 520 tanaman buah melon kuning. Terdapat dua jenis gamet anakan karena hasil keturunannnya menunjukkan 2 sifat yang berbeda, individu dominan heterozigot akan menghasilkan jenis gamet yang berbeda dengan frekuensi yang sebanding (monohibrid menghasilkan 2 macam gamet) sehingga pasangan induk yang benar adalah salah satunya merupakan individu heterozigot dan pasangan indukan tersebut adalah homozigot resesif.

Mari lakukan uji silang untuk pernyataan tersebut;

Rasio genotipe F1 = Pp : pp = 1 : 1; dan rasio fenotipe F1 = putih : kuning = 1 : 1 

Jawaban: E

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Pada tanaman buah melon (Cucumis melo), alel warna buah putih bersifat dominan, dan alel warna buah"