Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Populasi Kanguru Pohon Turun 80% dalam 30 Tahun Terakhir

Perhatikan stimulus berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2. AKM

Populasi Kanguru Pohon Turun 80% dalam 30 Tahun Terakhir

Peneliti kanguru menilai bahwa habitat kanguru di Papua lebih kompleks karena bisa ditemukan di kawasan pantai dan hutan-hutan dataran rendah sampai pada puncak Jayawijaya. Pada tahun 2018, para peneliti dan fotografer menemukan beberapa tanda bau, tanda cakar kanguru di dasar sebatang pohon yang dibuat untuk memanjat pohon ditemukan dari 1.700 m hingga 2.000 m di hutan pegunungan yang curam. Kanguru mbaiso bisa ditemukan di Puncak Sudirman di jajaran Pegunungan Jayawijaya.

Kanguru papua rentan pada ancaman, baik dari kondisi habitat maupun predator. Ancaman utama kanguru papua adalah ular piton, burung hantu besar, dan burung elang. Mereka mengincar kanguru ketika turun dari pohon untuk mencari air maupun saat di puricak pohon. Penduduk lokal biasanya menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Para peneliti juga mencatat bahwa pembukaan lahan untuk perkebunan dan keperluan lainnya cukup mengganggu kanguru papua sehingga jumlahnya semakin menurun. Mereka mencatat populasi hewan ini menurun 80% dalam 30 tahun terakhir. UICN (organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam-ed.) mencatat untuk seluruh spesies kanguru papua, jumlahnya tak lebih dari 50 ekor.

Untungnya, semua genus Dendrolagus sudah masuk satwa yang dilindungi Indonesia dan tertuang pada lampiran Peraturan Pemerintah tahun 1999 tentang Jenis-Jenis Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi.

1. Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan yang sesuai dengan stimulus di atas. Jawaban dapat lebih dari satu.

Jawab:

 Kanguru pohon di Papua memiliki kesamaan dengan jenis fauna asiatis.

 Ancaman utama populasi kanguru adalah pembukaan lahan.

✔ Kanguru pohon dapat ditemukan di Taman Nasional Lorentz.

 Kanguru pohon merupakan salah satu fauna endemik Indonesia.

✔ Habitat kanguru pohon adalah wilayah dataran rendah, seperti pesisir pantai.


2. Berdasarkan stimulus, UICN mencatat untuk seluruh spesies kanguru papua, jumlahnya tak lebih dari 50 ekor. Menurut Anda, apa upaya yang tepat untuk mencegah kepunahan kanguru pohon di Papua?

Jawab:

Jumlah kanguru pohon di papua tidak lebih dari 50 ekor. Dengan demikian, kanguru pohon di Papua termasuk fauna yang terancam punah. Untuk mencegah kepunahan fauna ini, pemerintah dan masyarakat harus menjaga habitat kanguru pohon.

Selain itu melarang warga untuk menangkap dan memelihara kanguru pohon. Selain itu, menjauhkan kanguru pohon dari predator yang mengancam hidupnya, seperti ular piton. Burung hantu besar, dan burung elang.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Populasi Kanguru Pohon Turun 80% dalam 30 Tahun Terakhir"