Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerusakan DAS Akibat Perubahan Penggunaan Lahan

Cermati stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5. AKM

Kerusakan DAS Akibat Perubahan Penggunaan Lahan

Salah satu perubahan penggunaan lahan dan alih fungsi lahan adalah kerusakan daerah aliran sungai (DAS). Kerusakan DAS dapat berupa pendangkalan sungai sebagai akibat terjadinya pengendapan partikel padatan yang terbawa arus sungai, misalnya di kelokan sungai, waduk atau dam, atau di muara sungai. Partikel ini dapat berupa padatan besar, seperti sampah, ranting tanaman, atau sampah lainnya, tetapi yang terutama adalah karena partikel tanah akibat erosi yang berlebihan di daerah hulu sungai. Air hujan akan membawa dan menggerus tanah subur di permukaan dan melarutkannya untuk terbawa ke sungai. Partikel tanah inilah yang akan menyebabkan proses pendangkalan ini. Selain itu, bentuk lain dari kerusakan DAS adalah tingginya fluktuasi debit air sungai. Pada musim hujan, air sungai akan terlalu banyak, bahkan sering menimbulkan banjir, sedangkan jumlah air sungai akan sangat sedikit atau bahkan kering pada musim kemarau. Hal ini terjadi karena penebangan hutan secara sembarangan di bagian hulu suatu DAS dapat mengganggu distribusi aliran sungai di bagian hili. Di samping itu, kualitas air sungai pun menurun karena sedimen yang terangkut akibat meningkatnya erosi cukup banyak. Perubahan penggunaan lahan atau penerapan agroteknologi yang tidak cocok pun dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas air yang mengalir ke bagian hilir. Kerusakan DAS dapat dilihat pada tabel berikut.

4. Berdasarkan stimulus tersebut, jodohkan pernyataan yang ada di sebelah kiri dengan jawaban yang ada di sebelah kanan dengan tepat.

Jawab:

5. Berdasarkan stimulus tersebut, apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak kerusakan daerah aliran sungai (DAS)?

Jawab:

Kerusakan daerah aliran sungai (DAS) berupa pendangkalan sungai sehingga dapat menyebabkan banjir saat musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau. Penyebabnya antara lain limbah atau sampah yang terdapat di sungai, baik sampah dari pohon maupun sampah rumah tangga. Selain itu, penebangan hutan di daerah hulu juga berdampak pada kerusakan daerah aliran sungai. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu, menjaga kelestarian lingkungan di daerah hulu sungai dengan mempertahankan fungsi hutan, membuat peraturan tentang pengolahan limbah rumah tangga, dan melarang mendirikan bangunan di sekitar bantaran sungai

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Kerusakan DAS Akibat Perubahan Penggunaan Lahan"