Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia, Negara Megabiodiversitas Brasil, Indonesia, dan Zaire adalah tiga dari sepuluh

Perhatikan stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. AKM

Indonesia, Negara Megabiodiversitas

Brasil, Indonesia, dan Zaire adalah tiga dari sepuluh negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia.

Sementara ini, Brasil berada di posisi urutan tertinggi. Hutan Amazon sebagai hutan tropis terluas di dunia adalah latar belakang tingginya tingkat keanekaragaman hayati.

Meskipun tak tertutup kemungkinan, posisi Indonesia sebenarnya berada di puncak dan di atas peringkat Brasil, karena proses pengambilan data hingga kini relatif belum meliputi semua. Terlebih jika data darat itu digabungkan dengan data flora dan fauna dari ekosistem laut. 

Indonesia ialah negara kepulauan. Terbentang di antara Benua Asia dan Australia. Juga di antara Samudra Pasifik dan Hindia. Jumlah pulau yang dimiliki Indonesia mencapai lebih dari 17.000. Dari jumlah itu, yang sudah bernama sejumlah 13.466 pulau dan 11.000 pulau telah berpenghuni.

Luas daratan Indonesia mencapai 1.919.440 km², sedangkan luas perairannya mencapai 3.257.483 km² dengan garis pantai sepanjang 99.093 km (BIG 2013). Indonesia termasuk daerah tropik, terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Dengan luas wilayah 1,3% dari luas muka bumi, Indonesia termasuk negara megabiodiversitas.

Bentang alam Indonesia membentuk bioregion yang dapat dipisahkan antara biogeografi flora-fauna Asia dan Australasia sehingga terbentuklah Garis Wallace dan Weber dan Lydekker. Garis Wallace memisahkan wilayah geografi fauna Asia dan Australasia. Alfred Russell Wallace, yang bersama Charles Darwin berperan sebagai penggagas teori evolusi ini, sejak awal sudah menyadari adanya perbedaan pengelompokan fauna antara Borneo dan Sulawesi, juga antara Bali dan Lombok.

Garis Wallace ini kemudian diperbaiki oleh Antonio Pigafetta dan menggeser garis Wallace ke arah timu menjadi keams Weber. Adapun garis Lydekker merupakan garis biogeografi yang ditarik pada batasan Paparan Sahul, terletak di bagian timur Indonesia. 

Berdasarkan data yang tercatat oleh LIPI (2014), keanekaragaman hayati Indonesia diperkirakan terdiri atas 1.500 jenis alga, 595 jenis lumut kerak, 80.000 tumbuhan berspora, 40.000 tumbuhan berbiji, 8.157 fauna vertebrata, berbagai jenis fauna, endemik dan lain sebagainya yang mengantarkan Indonesia menjadi negara megabiodiversitas.


1. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Sesuai alau Tidak Sesuai pada pernyataan berikut sesuai dengan stimulus.

Jawab:

Pernyataan

Sesuai

Tidak Sesuai

Indonesia berada di posisi tertinggi sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbanyak karena memiliki kawasan hutan tropis paling luas di dunia.

 

Sekitar 35% pulau-pulau di Indonesia belum berpenghuni.

 

Jenis keanekaragaman hayati Indonesia yang terbesar adalah alga.

 

Garis Lydekker ditarik pada batasan Paparan Sahul.

 

Persebaran flora dan fauna di Indonesia yang berbeda antara wilayah barat dan timur membentuk garis Wallace.

 

2. Berdasarkan stimulus, setujukah Anda dengan pernyataan "Indonesia sebagai negara megabiodiversitas"

✔ Setuju

 Tidak Setuju

Jawab:

Setuju

Alasan: Pada stimulus dijelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari sepuluh negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia, di mana Indonesia menempati posisi tiga teratas. Berdasarkan data yang tercatat oleh LIPI, keanekaragaman hayati Indonesia diperkirakan terdiri atas 1.500 jenis alga, 595 jenis lumut kerak, 80.000 tumbuhan berspora, 40.000 tumbuhan berbiji, 8.157 fauna vertebrata, dan berbagai jenis fauna endemik.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Indonesia, Negara Megabiodiversitas Brasil, Indonesia, dan Zaire adalah tiga dari sepuluh"