Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasil Monitoring Komodo di Taman Nasional Komodo Tahun 2017 Kelimpahan Populasi Komodo 2015-2017

Perhatikan stimulus berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5. AKM 

Hasil Monitoring Komodo di Taman Nasional Komodo Tahun 2017

Taman Nasional Komodo memiliki dua spesies ikon utama sekaligus spesies prioritas konservasi, yaitu Komodo (Varanus komodoensis) dan burung kakaktua-kecil (Cacatua sulphurea occidentalis) yang termasuk dalam spesies terancam punah. Jambul-kuning

Biawak komodo di kawasan Taman Nasional Komodo menghuni tiga pulau besar, yakni Komodo, Rinca, dan Padar, serta dua pulau kecil, yakni Gili Motang dan Nusa Kode. Individu Komodo di Padar merupakan laporan terbaru pada tahun 2013. Sejak tahun 2013, populasi Komodo mengalami fluktuasi baik populasi dalam site pengamatan maupun secara keseluruhan pada pulau besar.

Monitoring populasi Komodo pada tahun 2017 dilakukan dengan menggunakan metode kamera trap yang dikombinasikan dengan pengamatan langsung. Berdasarkan hasil monitoring. diperkirakan terdapat 2.884 individu Komodo di Taman Nasional Komodo.

Data populasi Komodo di pulau kecil Gili Motang dan Nusa Kode menunjukkan kondisi populasi yang semakin membaik. Populasi di kedua pulau kecil tersebut merupakan populasi yang sangat rentan akan kepunahan, terutama karena faktor keterbatasan habitat dan terisolasi Jika dibandingkan dengan tahun 2015 dan 2016, terlihat adanya fluktuasi populasi Komodo, namun fluktuasi tersebut merupakan fluktuasi populasi alami.

Sampai saat ini, populasi Komodo masih berada dalam rentang nilai yang stabil. Nilai populasi dikatakan stabil ketika jumlah populasi hasil pemantauan berada dalam kisaran 2.000-3.000 ekor Komodo di seluruh kawasan TN Komodo. Kisaran jumlah individu tersebut berasal dari hasil studi dengan metode CMR sejak tahun 2003-2006 dan 2009-2013 pada 10 lokasi pemantauan di seluruh kawasan TN Komodo. Fluktuasi populasi Komodo bergantung pada ketersediaan populasi mangsa utamanya, yakni rusa, kerbau liar, babi hutan, serta mamalia kecil.

4. Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan berikut yang termasuk kata kunci dari stimulus di atas.

Jawab:

 Spesies prioritas di Taman Nasional Komodo adalah Komodo dan kakaktua jambul kuning.

✔ Terjadi fluktuasi populasi Komodo.

 Monitoring menggunakan metode kamera trap.

✔ Populasi Komodo di Taman Nasional Komodo hampir punah.

 Ancaman predator menjadi salah satu faktor fluktuasi populasi Komodo.


5. Perhatikan tabel populasi Komodo pada stimulus di atas. Lakukan analisis pada tabel tersebut. Tuliskan hasil analisis Anda.

Jawab:

Grafik pada stimulus menunjukkan jumlah populasi fauna yang terdapat di Taman Nasional Komodo pada tahun 2015, 2016, dan 2017. Jumlah komodo pada tahun 2015 adalah 1.377 ekor. Pada tahun 2016, jumlah komodo mengalami penurunan, yaitu 1.158 ekor. Pada tahun 2017, jumlah komodo kembali meningkat menjadi 1.346. 

Berdasarkan grafik tersebut, jumlah populasi komodo mengalami fluktuasi, tetapi tidak terjadi kenaikan atau penurunan jumlah yang signifikan. Artinya, komodo masih termasuk salah satu fauna yang terancam punah karena jumlah populasinya cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Bahkan, dapat terjadi penurunan jumlah populasi.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Post a Comment for "Hasil Monitoring Komodo di Taman Nasional Komodo Tahun 2017 Kelimpahan Populasi Komodo 2015-2017"