Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari keteraturan kekuasaan, pemerintahan,

Sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari keteraturan kekuasaan, pemerintahan, lembaga negara, otoritas, serta hal lainnya yang ada dalam kehidupan masyarakat dan memengaruhi pola hidup masyarakat. Ruang lingkup kajian dalam sosiologi politik adalah sebagai berikut.

  1. Sosiologi politik sebagai studi tentang negara. Kajian dalam sosiologi politik yang pertama adalah spesifik dalam negara, khususnya dalam tanggapan masyarakat yang ada di dalamnya serta kebijakan yang mesti diambil untuk melangsungkan dan menyejahterakan masyarakat. Contohnya adalah kebijakan Program Indonesia Pintar dan Program Indonesia Sehat. Kebijakan tersebut diambil oleh negara berdasarkan pada kajian sosiologi politik.
  2. Sosiologi politik sebagai studi tentang kekuasaan. Sosiologi politik digunakan dalam menggapai kekuasaan yang langgeng dengan cara-cara yang baik. Kekuasaan ini diperoleh melalui kajian dalam sosiologi politik terutama dalam menarik partisipasi masyarakat untuk dapat memberikan kepercayaan. Contohnya adalah ketika kampanye politik yang banyak membutuhkan peran serta masyarakat Indonesia agar memperoleh dukungan.

.....

Pernyataan yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah …. (Jawaban lebih dari satu) 

  A. Ruang lingkup kajian dalam sosiologi politik adalah negara dan masyarakat.

  B. Kebijakan Program Indonesia Pintar dan Program Indonesia Sehat merupakan kebijakan yang diambil oleh negara berdasarkan pada kajian sosiologi politik. 

  C. Sosialisasi dalam sosiologi politik sangat penting dilakukan bagi siapa pun yang ingin memperoleh kekuasaan

  D. Kekuasaan diperoleh melalui kajian dalam sosiologi politik terutama dalam menarik partisipasi masyarakat untuk dapat memberikan kepercayaan. 

  E. Sosiologi politik digunakan dalam menggapai kekuasaan yang langgeng dengan cara-cara yang tidak baik.

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah opsi B, C, dan D.

Jawaban: B, C, dan D

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari keteraturan kekuasaan, pemerintahan,"