Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vitamin yang berfungsi sebagai gugus prostetik dari enzim flavoprotein yang digunakan dalam respirasi

Vitamin yang berfungsi sebagai gugus prostetik dari enzim flavoprotein yang digunakan dalam respirasi seluler adalah ....

     A. Vitamin B1 

     B. Vitamin B2 

     C. Vitamin B7 

     D. Vitamin B9

Pembahasan:

Respirasi seluler adalah proses perombakan molekul organik kompleks yang kaya akan energi potensial menjadi molekul yang lebih sederhana (proses katabolik) pada tingkat seluler. Proses respirasi umumnya memecah molekul gula sederhana menjadi karbon dioksida, uap air, dan energi. Riboflavin merupakan salah satu koenzim yang berperan dalam pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula sederhana, dan senyawa kompleks lainnya, seperti lemak dan protein juga dapat dikonversi menjadi energi.

Riboflavin merupakan bentuk aktif dari vitamin B2, sebagai komponen penyusun FAD (Flavin Adenin Dinukleotida) dan FMN (Flavin Adenin Mononukleotida) yang merupakan suatu bentuk riboflavin terfosforilasi. Dalam satu atau bentuk lain, riboflavin berada sebagai gugus prostetik dalam flavoprotein.

Jawaban: B

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Vitamin yang berfungsi sebagai gugus prostetik dari enzim flavoprotein yang digunakan dalam respirasi"