Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan bacaan berikut! Indonesia memiliki barbagai macam hewan yang dilindungi oleh pemerintah

Perhatikan bacaan berikut!

Indonesia memiliki barbagai macam hewan yang dilindungi oleh pemerintah karena keberadaannya terancam punah, salah satunya adalah burung condorawasih. 

Cenderawasih adalah burung berukuran kocil hingga sedang yang ditemukan di hutan Papua. Dilansir dari National Geographic, conderawasih memiliki ukuran sokitar 4,75 hingga 39 inci, bergantung pada jenis spesiesnya. Cenderawasih dijuluki sabagai burung surga. Burung conderawasih memiliki lebih dari satu warna bulu pada tubuhnya yang sangat Indah yang dikombinasi dengan keindahan alam habitatnya. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, cenderawasih memlik ekor yang panjang, beberapa spesies dapat memiliki ekor sepanjang 80 hingga 115 sontimotor. Ekor conderawasih memiliki warna beragam yang bergradasi seperti bagian tubuh lainnya. Kombinasi warna cenderawasih dapat berasal dani wama hitam, kuning, cokelat, merah, biru, hijau, dan Juge putih. Adapun jantan cenderawasih biasanya lebih berwarna daripada betinanya. Hal tersebut karana warna dan bulu jantan digunakan untuk menarik perhatian botina saat musim kawin. 

....

Berdasarkan bacaan di atas, mengapa pemerintah turun tangan untuk melindungi burung cenderawasih? 

Pembahasan:

Pemerintah turun tangan untuk melindungi burung cenderawasih karena burung cenderawasih terancam pada kelangkaan dan kepunahan.

Hal ini disebabkan karena burung cenderawasih banyak diminati orang sehingga menjadi sasaran bagi para pemburu liar dengan mematok harga tinggi bagi burung ini.

Burung cenderawasih juga banyak dijadikan untuk peliharaan, pajangan, diambil bulunya untuk menghias topi dan pakaian, juga perlengkapan upacara adat.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Perhatikan bacaan berikut! Indonesia memiliki barbagai macam hewan yang dilindungi oleh pemerintah"