Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nutrisi dan Pencernaan Kimiawi Protein merupakan salah satu zat makanan yang sangat diperlukan

Nutrisi dan Pencernaan Kimiawi

Protein merupakan salah satu zat makanan yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, terutama pada usia bayi dan anak-anak. Oleh karena protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak, dan sebagai komponen proses-proses biokimia sel, seperti hormon dan enzim. 

Protein berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi protein nabati dan protein hewani. Protein nabati, yaitu protein yang berasal dari tumbuhan. Misalnya, kedelai (tahu, tempe), edamame, kacang pistachio, kacang almond, bayam, brokoli, kentang. dan avokad. Sedangkan protein hewani, yaitu telur, susu, dada ayam, dada kalkun, udang, daging sapi, ikan tuna, serta hasil laut dan perairan.

....

Berdasarkan stimulus 1, beri tanda () pada kotak di depan jawaban-jawaban yang benar tentang zat makanan yang mempunyai peranan dalam penyembuhan luka setelah operasi.

  • Vitamin
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Protein
Jawab:

Zat makanan yang mempunyai peranan dalam penyembuhan luka setelah operasi:

 Protein

Protein berperan dalam penyembuhan luka setelah operasi karena protein menggantikan jaringan yang rusak dengan meregenerasi sel baru. Protein bertanggung jawab sebagai zat untuk membangun otot dan jaringan tubuh, tetapi tidak dapat disimpan oleh tubuh, maka untuk tahap penyembuhan luka dibutuhkan asupan protein setiap hari. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dapat mengurangi tingkat komplikasi pada pasien pasca operasi dan membantu mempercepat penyembuhan luka operasi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Nutrisi dan Pencernaan Kimiawi Protein merupakan salah satu zat makanan yang sangat diperlukan"