Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keberadaan sosiologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu lainnya. Dalam pengkajiannya sosiologi

Keberadaan sosiologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu lainnya. Dalam pengkajiannya sosiologi memerlukan banyak ilmu bantu. Hal tersebut untuk menopang kelancaran dan kedalaman kajian sosiologi. Identifikasikan beberapa ilmu bantu yang sering digunakan dalam sosiologi! 

Jawab:

Berikut beberapa ilmu bantu yang sering digunakan dalam sosiologi.

    a. Statistik adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolonggolongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka. Statistik diperlukan dalam sosiologi untuk penghitungan yang menyangkut pendekatan kuantitatif agar hasil penelitiannya lebih valid, akurat, dan terukur.

    b. Psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku. Psikologi diperlukan dalam kajian sosiologi karena dalam psikologi dapat diperoleh keterangan, baik latar belakang seseorang berperilaku maupun proses mental yang diperlukan keterangan-keterangannya.

    c. Etnologi adalah ilmu tentang unsur atau masalah kebudayaan suku bangsa dan ma- syarakat penduduk suatu daerah di seluruh dunia secara komparatif. Tujuan etnologi adalah mendapat pengertian tentang sejarah dan proses evolusi serta penyebaran kebudayaan umat manusia di muka bumi. Ilmu ini diperlukan dalam sosiologi karena menyangkut tradisi-tradisi yang berkembang pada bangsa tersebut. Oleh karena itu, etnologi sering disebut juga sosial antropologi.

    d. Arkeologi adalah ilmu tentang kehidupan dan kebudayaan zaman kuno berdasarkan benda peninggalannya, seperti patung dan perkakas rumah tangga. Oleh karena itu, arkeologi sering juga disebut ilmu purbakala.

    e. Antropologi adalah ilmu tentang manusia khususnya tentang asal-usul, aneka warna bentuk fisik, adat istiadat, budaya, kepribadian, dan kepercayaan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Keberadaan sosiologi tidak dapat dipisahkan dari ilmu lainnya. Dalam pengkajiannya sosiologi"