Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Di dalam lambung protein di ubah menjadi pepton oleh enzim tripsin.

Nutrisi dan Pencernaan Kimiawi

Protein merupakan salah satu zat makanan yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, terutama pada usia bayi dan anak-anak. Oleh karena protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak, dan sebagai komponen proses-proses biokimia sel, seperti hormon dan enzim. 

Protein berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi protein nabati dan protein hewani. Protein nabati, yaitu protein yang berasal dari tumbuhan. Misalnya, kedelai (tahu, tempe), edamame, kacang pistachio, kacang almond, bayam, brokoli, kentang. dan avokad. Sedangkan protein hewani, yaitu telur, susu, dada ayam, dada kalkun, udang, daging sapi, ikan tuna, serta hasil laut dan perairan.

....

Berdasarkan stimulus 1, apakah pernyataan berikut benar atau salah? Beri tanda () pada kolom benar atau salah untuk setiap pernyataan.

Pernyataan

Benar

Salah

Di dalam lambung protein di ubah menjadi pepton oleh enzim tripsin.

 

Orang yang kekurangan protein terus-menerus akan terkena penyakit busung lapar.

 

Semua ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut merupakan sumber lemak yang tinggi.

 

Protein diserap oleh jonjot usus halus.

 

Jawab:

Pernyataan 1 salah, enzim yang dihasilkan lambung ada beberapa macam, yaitu pepsin yang memecah protein menjadi pepton, lipase yang memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, asam klorida (HCI) yang mengubah pepsinogen menjadi pepsin dan membunuh mikroorganisme patogen, serta renin yang berfungsi untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein.

Pernyataan 2 benar, busung lapar merupakan salah satu bentuk malnutrisi akut yang terjadi karena kekurangan protein yang parah dan umumnya terjadi pada anak-anak. Busung lapar bisa terjadi pada siapa saja, terutama di daerah yang minim bahan pangan, mengalami kekeringan, dan kemiskinan.

Pernyataan 3 salah, ikan menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein ikan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia dan komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain.

Pernyataan 4 benar, enzim pada mikrovili (jonjot) usus halus menghancurkan makanan menjadi partikel yang cukup kecil untuk dapat diserap. Di dalam setiap jonjot terdapat pembuluh darah halus dan saluran limfa yang menyerap zat hara dari permukaan jonjot. Vena porta mengambil zat paling kecil dari pencernaan karbohidrat adalah berupa glukosa, dan zat paling kecil dari pencernaan protein adalah berupa asam amino, sedangkan asam lemak dan gliserol masuk ke sel limfa.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Di dalam lambung protein di ubah menjadi pepton oleh enzim tripsin."