Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut. Di dalam jaringan spons, energi cahaya diubah

Berilah tanda centang () pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut.

Pernyataan

Benar

Salah

Di dalam jaringan spons, energi cahaya diubah menjadi energi kimia.

 

Bagian yang mempunyai peranan dalam membuka dan menutupnya stomata adalah sel penyusun jaringan sklerenkim.

 

Xilem pada daun bersambung dengan xilem pada batang dan berakhir di akar merupakan jaringan yang mempunyai fungsi mengedarkan hasil fotosintesis.

 

Stomata berperan dalam proses keluar - masuk gas dari lingkungan ke jaringan.

 

Jawab:

Pernyataan 1 salah, proses pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia oleh tumbuhan hijau disebut fotosintesis. Proses fotosintesis ini terjadi di organ tumbuhan yaitu daun, tepatnya pada organel kloroplas.

Pernyataan 2 salah, untuk melakukan fotosintesis, tumbuhan membutuhkan stomata. Stomata befungsi mengatur pertukaran gas pada tumbuhan dan menghasilkan pergerakan sel penjaga. Sel penjaga merupakan organ penting yang bertugas untuk mengendalikan terbukanya dan tertutupnya stomata. Proses membuka dan menutupnya stomata dipengaruhi oleh ion K+ dan air yang menyebabkan tekanan turgor. Tekanan turgor adalah tekanan dinding sel oleh isi sel. Sementara itu, sel penyusun jaringan sklerenkim adalah sklereid yang memiliki dinding sel tebal dan lumen sempit. Sklereid berfungsi untuk menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa dan melindungi bagian dalam tumbuhan yang lunak.

Pernyataan 3 salah, xilem adalah salah satu jaringan pengangkut yang sangat kompleks dan terdiri dari berbagai jenis bentuk sel. Xilem berfungsi mengangkut air dan zat hara dari tanah ke daun, sedangkan yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh adalah floem.

Pernyataan 4 benar, stomata adalah komponen sel epidermis daun. Fungsi stomata adalah sebagai tempat pertukaran atau lintasan masuk keluarnya gas dari lingkungan ke jaringan, seperti CO2, O2, dan H2O yang diperlukan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis dan respirasi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut. Di dalam jaringan spons, energi cahaya diubah"