Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan wacana, di atas, analisislah alasan vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi modern

Perhatikan wacana berikut!

Untuk mengendalikan penyakit yang telah menginfeksi lebih dari 23 juta orang di seluruh dunia, berbagai perusahaan berlomba membuat vaksin dan obat COVID-19. Vaksin merupakan sediaan biologis yang diberikan kepada individu sehat untuk menyiapkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi bakteri atau virus patogen (penyebab penyakit). Vaksin dapat berisi patogen yang sudah dilemahkan atau komponen antigen (dikenali oleh sistem imun) dari patogen tersebut, biasanya berupa protein di permukaan sel atau partikel virus yang dapat dikenali oleh antibodi pada sistem imun. Teknik-teknik bioteknologi seperti rekayasa genetika dan kultur sel me- mungkinkan pengembangan vaksih dilakukan dengan efektif, cepat, dan ekonomis. Teknologi DNA rekombinan memungkinkan antigen dari suatu patogen untuk diproduksi pada sel inang yang relatif tidak patogenik (misalnya bakteri E. coli atau ragi) sehingga tidak perlu dipanen langsung dari patogen aslinya. Produksi vaksin secara komersial juga menerapkan disiplin bioteknologi yang disebut bioproses. Mencakup proses hulu (seperti penyiapan media tumbuh, sel produksi, dan optimasi kondisi produksi) hingga proses hilir (pemanenan produk, pemurnian produk, serta penanganan limbah produksi).

Berdasarkan wacana, di atas, analisislah alasan vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi modern!

Jawab:

Vaksin termasuk produk bioteknologi modern karena proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dan kultur sel menggunakan mikroorganisme.

Teknologi DNA rekombinan yang termasuk teknik rekayasa genetika memungkinkan antigen dari suatu patogen untuk diproduksi pada sel inang yang relatif tidak patogenik (misalnya bakteri E. coli atau ragi) sehingga tidak perlu dipanen langsung dari patogen aslinya.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan wacana, di atas, analisislah alasan vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi modern"