Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan kegunaannya, bidang produksi terdiri dari beberapa macam. Tuliskan dan berilah penjelasan

Berdasarkan kegunaannya, bidang produksi terdiri dari/ atas beberapa macam. Tuliskan dan berilah penjelasan tentang bidang-bidang produksi!

Jawab:

a. Bidang ekstraktif adalah produksi yang bergerak dalam bidang pengumpulan kekayaan alam yang telah tersedia tanpa mengubah sifat. Contoh: pertambangan, pengambilan pasir di sungai, penebangan kayu di hutan, dan penangkapan ikan laut.

b. Bidang agraris adalah produksi yang bergerak dalam bidang pengolahan alam (tumbuhan dan hewan) untuk menghasilkan barang baru. Contoh: pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan darat.

c. Bidang industri dan kerajinan adalah produksi yang bergerak dalam bidang pengolahan suatu bahan menjadi bentuk bahan/barang lain. Contoh: pabrik pengolahan kayu, pabrik peng- olahan hasil laut, dan lain-lain.

d. Bidang perdagangan adalah produksi yang bergerak di bidang jual beli barang hingga terjadi perpindahan hak milik barang tersebut. Contoh: pedagang keliling, toko swalayan, agen, grosir, dan ekspor impor.

e. Bidang jasa adalah produksi yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Contoh: usaha angkutan, perhotelan, perbankan, asuransi, salon, dan lain-lain.


----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan kegunaannya, bidang produksi terdiri dari beberapa macam. Tuliskan dan berilah penjelasan"