Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan ilmu ekonomi, gejolak kenaikan harga daging sapi menimbulkan beberapa kegiatan ekonomi

Pedagang Daging Sapi Mogok, Konsumen Beralih ke Daging Ayam

Aksi mogok para pedagang daging di pasar di Jakarta dan Jawa Barat dikeluhkan masyarakat (konsumen). Terutama masyarakat yang menjadi pedagang makanan dari daging olahan seperti pedagang bakso.

Mereka tak punya pilihan lain selain mencari cara baru agar bakso tetap ada dan dagangannya tidak ikut tutup selama minimal 5 hari. Hal itu disampaikan Pamo (39), warga Rawasan, Jakarta Timur itu menyatakan, ia tentu tak bisa ikut-ikutan menutup warung baksonya selama para pedagang daging mogok sebab la juga harus menghidupi keluarganya. Setiap hari ia harus mengeluarkan uang paling sedikit Rp70.000,00 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, ia memilih beralih ke daging ayam. Daging ayam akan diolah lagi menjadi bakso sehingga dagangannya tetap buka.

....

Berdasarkan ilmu ekonomi, gejolak kenaikan harga daging sapi menimbulkan beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan konsumen ataupun produsen dalam menyikapinya. Tariklah garis antara permasalahan ekonomi dan konsep limu ekonomi dengan tepat!

Permasalahan Ekonomi

Konsep Ilmu Ekonomi

A.    Akibat kenaikan harga daging sapi, Parno seorang pe dagang bakso mengganti daging sapi dengan daging ayam agar warungnya tetap dapat beroperasi.

1. Contoh blaya sehari-hari

B.    Setiap hari Paro harus mengejuarkan uang paling sedikit Rp70.000,00 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

2. Inti masalah ekonomi

C.    Kebutuhan daging sapi yang tidak terbatas oleh produsen bakso dihadapkan dengan alat pemuas kebutuhan berupa daging sapi yang jumlahnya sedikit menyebabkan kelangkaan daging sapi sehingga harga daging sapi mengalami kenaikan. 

3. Teori ekonomi mikro

D.    Daging ayam dengan daging sapi.

4. Teori ekonomi makro

E.    Kenaikan harga dari importir.

5. Barang substitusi

Pembahasan:

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan ilmu ekonomi, gejolak kenaikan harga daging sapi menimbulkan beberapa kegiatan ekonomi "