Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga Serangkai Indische Partij dalam Sejarah Pergerakan Nasional Nyoman Dekker

Tiga Serangkai Indische Partij dalam Sejarah Pergerakan Nasional

Nyoman Dekker dalam Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia (1993) menyebutkan bahwa Indische Partij adalah organisasi kebangsaan di era pergerakan nasional yang memiliki program menegakkan semangat nasionalisme.

.....

Berdasarkan stimulus 1, tentukan pernyataan-pemyataan berikut sesuai atau tidak sesuai dengan teks tersebut dengan memberi tanda () pada kotak yang tersedia.

Jawab:

1)      Pernyataan “Budi Utomo adalah organisasi pergerakan yang lebih fokus pada bidang pendidikan dan kebudayaan” adalah pernyataan yang sesuai. Di dalam teks disebutkan bahwa Budi Utomo kegiatannya fokus dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

2)      Pernyataan “Pendirian Indische Partij digagas oleh seorang jurnalis berdarah campuran, yakni Ernest Douwes Dekker atau Danudirja Setiabudi” adalah pernyataan yang sesuai. Douwes Dekker menggagas pendirian IP dengan mengajak Suwardi Suryaningrat dan Cipto Mangunkusumo membentuk IP pada 1912.

3)      Pernyataan “Karena bersifat politik, Indische Partij kerap melakukan pemberontakan sehingga dianggap organisasi radikal” adalah pernyataan yang tidak sesuai akrena tidak dijelaskan di dalam teks. 

4)      Permyataan “Suwardi Suryaningrat dan Cipto Mangunkusumo keluar dari Budi Utomo karena organisasi tersebut mendukung kebijakan-kebijakan Belanda” adalah pernyataan yang tidak sesuai. Keduanya keluar dari BU karena terdapat perbedaan pandangan dengan golongan tua. Mereka menghendaki gerakan yang dapat membangkitkan nasionalisme bangsa.

5)      Pernyataan “Douwes Dekker, dr. Sutomo, dan Cipto Mangunkusumo yang kemudian dikenal dengannTiga Serangkai merupakan pendiri Indische Partij” adalah pernyataan yang tidak sesuai. Tiga Serangkai terdiri dari Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat, dan Cipto Mangunkusumo.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Tiga Serangkai Indische Partij dalam Sejarah Pergerakan Nasional Nyoman Dekker"