Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

STOVIA adalah almamater dari dr. Wahidin Sudirohusodo.

Berdasarkan stimulus 1, tentukan pernyataan-pernyataan berikut sesuai atau tidak sesuai dengan memberi tanda centang () pada kolom yang tersedia.

No.

Pernyataan

Sesuai

Tidak Sesuai

(1)

STOVIA adalah almamater dari dr. Wahidin Sudirohusodo.

 

(2)

Saat pendiriannya, Budi Utomo merupakan sebuah organisasi politik.

 

(3)

Budi Utomo bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

 

(4)

Wahidin Sudirohusodo mengunjungi para pelajar STOVIA pada tahun 1907.

 

(5)

Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Indische Partij terbentuk setelah Budi Utomo dibubarkan.

 

Jawab:

  • Pernyataan “STOVIA adalah almamater dari dr. Wahidin Sudirohusodo” adalah pernyataan yang sesuai. Dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan seorang dokter lulusan STOVIA.
  • Pernyataan “Saat pendiriannya, Budi Utomo merupakan sebuah organisasi politik” adalah pernyataan tidak sesuai. Budi Otomo sejak didirikannya bukanlah organisasi politik, namun merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan. 
  • Pernyataan “Budi Utomo bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan budaya” adalah pernyataan yang tidak sesuai. Budi Utomo adalah organisasi yang bergerak di bidang pengajaran dan kebudayaan.
  • Pernyataan “Wahidin Sudirohusodo mengunjungi para pelajar STOVIA pada tahun 1907” adalah pernyataan yang sesuai. Setahun sebelum BU didirikan pada 1908, Wahidin mengunjungi para pelajar STOVIA untuk bertukar pikiran dan menyampaikan gagasannya. 
  • Pernyataan “Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Indische Partij terbentuk setelah Budi Utomo dibubarkan” adalah pernyataan yang tidak sesuai. Organisasi-organisasi seperti SI, Muhammadiyah, dan IP terbentuk semasa Budi Utomo masih berdiri. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "STOVIA adalah almamater dari dr. Wahidin Sudirohusodo."