Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah resmi menduduki Indonesia sejak 8 Maret 1942, Jepang mulai menyusun pemerintahan demi

Setelah resmi menduduki Indonesia sejak 8 Maret 1942, Jepang mulai menyusun pemerintahan demi melancarkan pendudukan mereka di Indonesia. Selain itu, Dai Nippon juga melakukan aksi-aksi propaganda demi menarik simpati rakyat Indonesia.

Salah satu propaganda yang Jepang lakukan ialah membentuk Gerakan 3A, yaitu Nippon Pemimpin Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Cahaya Asia. Abdulsalam dalam Menudju Kemerdekaan (1964) menyebutkan bahwa gerakan 3A dibentuk ole Jepang diterapkan untuk membantu usaha peperangan mereka melawan Sekutu di Perang Asia Timur Raya.

…..

1.     Berdasarkan stimulus 2, tentukanlah pernyataan-pernyataan berikut sesuai atau tidak sesuai tersebut dengan memberikan tanda centang () pada kolom yang tersedia.

Jawab:

2.     Berdasarkan stimulus 2, berikan tanda centang () pada pernyataan yang benar (jawaban dapat lebih dari satu). Apa penyebab Jepang melakukan aksi propaganda seperti Gerakan 3A di Wayah Indonesia? (Pilihan jawaban benar lebih dari satu) 

  • Mendapatkan atensi dari rakyat Indonesia.
  • Mendapatkan pengaruh positif dari rakyat Indonesia.
  • Memudahkan penguasaan terhadap wilayah Indonesia.
  • Mendukung Jepang dalam kampanye perang Asia Timur Raya. 
  • Mendukung Indonesia segera melepaskan diri dari Belanda.
Jawab:

Jawaban yang benar adalah sebagai berikut.

  • Mendapatkan atensi dari rakyat Indoneisa.
  • Mendukung Jepang dalam kampanye perang Asia Timur Raya.
  • Mendapatkan pengaruh positif dari rakyat Indonesia.
Berdasarkan stimulus 2, dapat disimpulkan bahwa gerakan 3A merupakan alat propaganda Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia, serta agar rakyat Indonesia mau membantu usaha peperangan Jepang melawan Sekutu. Pernyataan “memudahkan penguasaan terhadap wilayah Indonesia” adalah jawaban yang salah. Tujuan 3A bukan untuk menguasai Indonesia. pernyataan “mendukung Indonesia segera melepaskan diri dari Belanda” juga pernyataan yang salah karena Jepang hanya ingin agar Indonesia membantu Jepang melawan Sekutu.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Setelah resmi menduduki Indonesia sejak 8 Maret 1942, Jepang mulai menyusun pemerintahan demi"