Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan informasi berikut. Kebijakan bangsa Barat yang diskriminatif dan eksploitatif terhadap

Perhatikan informasi berikut.

Kebijakan bangsa Barat yang diskriminatif dan eksploitatif terhadap bangsa Indonesia menimbulkan keinginan bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan bangsa asing. Namun, perlawanan yang muncul belum berdasarkan nasionalisme secara keseluruhan. Perlawanan yang muncul masih bersifat kedaerahan sehingga mudah dikalahkan oleh penjajah asing. Salah satu kebijakan yang pernah diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda adalah memanfaatkan budaya bangsa Indonesia yang mahir bercocok tanam. Kebijakan ini bertujuan memulihkan kas negeri Belanda. Rakyat pribumi diwajibkan menyerahkan seperlima tanahnya untuk ditanami tanaman yang laku di pasaran Eropa. seperti kopi, teh, dan tembakau. Kebijakan ekonomi yang diterapkan tersebut berlangsung antara tahun 1830 sampai dengan 1870 dan sukses memperbaiki perekonomian Belanda. Walaupun demikian, kebijakan ekonomi tersebut ditentang sebagian golongan, seperti golongan agamawan dan golongan liberalis karena pelaksanaannya dianggap bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kebebasan.

Berdasarkan informasi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 

a.     Kebijakan apa yang dimaksud informasi tersebut?

b.     Apa saja dampak dari kebijakan tersebut terhadap penduduk pribumi? 

c.     Menurut Anda, apakah ada sisi positif dari kebijakan tersebut?

Jawab:

a)    Cultuurstelsel atau sistem tanam paksa.

b)    Rakyat menderita akibat kebijakan tanam paksa yang dalam pelaksanaannya sangat membebani. Hal tersebut misalnya, rakyat dipaksa fokus untuk tanaman budi daya dan diminta menanggung seluruh kerugian apabila terjadi gagal panen. Kebijakan tanam paksa, misalnya, menjadi penyebab terjadinya kelaparan hebat di Cirebon (Jawa Barat) pada tahun 1843 dan di Jawa Tengah, seperti di daerah Grobongan, antara tahun 1848–1850.

c)    Salah satu dampak positif dari sistem tanam paksa adalah rakyat Indonesia mengenal beberapa komoditas ekspor serta memahami teknik budi daya yang benar. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Perhatikan informasi berikut. Kebijakan bangsa Barat yang diskriminatif dan eksploitatif terhadap"