Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan berfungsi sebagai ideologi bagi negara Indonesia

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan berfungsi sebagai ideologi bagi negara Indonesia. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila memuat tiga aspek yang telah dipenuhi. Tuliskan dan jelaskan ketiga aspek tersebut.

Jawab:

Tiga aspek yang telah dipenuhi Pancasila sebagai suatu ideologi yaitu:

a.  Aspek Realitas. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mencerminkan realitas yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Ideologi harus memberikan citra bahwa dirinya adalah kenyataan dalam masyarakat itu sendiri. 

b.  Aspek Idealitas. Kadar idealisme yang terkandung dalam Pancasila mampu menumbuhkan motivasi dan gairah kepada subjek pendukungnya sehingga apa yang terkandung di dalam dirinya bukan sekadar utopia tanpa makna, melainkan suatu saat benar-benar dapat diwujudkan dalam kenyataan hidup.

c.  Aspek Fleksibilitas. Pancasila tetap relevan dan tetap fungsional dalam kenyataan hidup. Pancasila sebagai sebuah ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, tetapi merupakan ideologi terbuka terhadap perkembangan. Sumber semangat ideologi terbuka terdapat dalam penjelasan UUD NRI Tahun 1945.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan berfungsi sebagai ideologi bagi negara Indonesia"