Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan secara singkat perkembangan nasionalisme Indonesia sejak Budi Utomo hingga kemerdekaan

Jelaskan secara singkat perkembangan nasionalisme Indonesia sejak Budi Utomo hingga kemerdekaan.

Jawab:

Perkembangan nasionalisme di Indonesia mencapai titik kemajuan sejak berdirinya organisasi Budi Utomo tahun 1908. Perkembangan nasionalisme Indonesia sejak Budi Utomo hingga kemerdekaan dapat dibagi dalam beberapa periode yaitu sebagai berikut. 

1)  Periode awal perkembangan. Organisasi yang berkembang di antaranya Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah. Organisasi pada periode ini bersifat moderat dan kooperatif. 

2)  Periode nasionalisme politik. Dalam periode ini, gerakan nasionalisme mulai bergerak dalam bidang politik untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Organisasi yang muncul pada periode ini adalah Indische Partij dan gerakan pemuda.

3)  Periode radikal. Pada periode ini, organisasi-organisasi pergerakan menolak bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda dan secara tegas menuntut kemerdekaan. Beberapa organisasi yang muncul antara lain Perhimpunan Indonesia (PI), Partai Komunis Indonesia (PKI), dan Partai Nasional Indonesia (PNI).

4)  Periode bertahan. Pada periode ini, gerakan nasionalisme di Indonesia yang berupaya lebih moderat dan menahan diri. Organisasi-organisasi yang muncul antara lain Parindra, Gapi, dan Gerindo. Mereka memaksimalkan Volksraad sebagai wadah perjuangan mencapai kemerdekaan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan secara singkat perkembangan nasionalisme Indonesia sejak Budi Utomo hingga kemerdekaan"