Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jatuhnya Buleleng ke tangan Belanda membawa pengaruh pada kerajaan-kerajaan lain. Beberapa kerajaan

Jatuhnya Buleleng ke tangan Belanda membawa pengaruh pada kerajaan-kerajaan lain. Beberapa kerajaan menjadi bersikap lunak dan bersedia berdamai dengan Belanda, tetapi ada juga kerajaan yang tetap menunjukkan sikap menentang, seperti Karangasem dan Klungkung, yang siap menghadapi Belanda dengan 15 sampai 16 ribu prajurit. Raja Badung dan Bangli memihak Belanda. Raja Badung bersedia membantu Belanda untuk menerang Klungkung. Demikian juga Raja Bangli yang telah bertemu dengan Jenderal Michels pada tanggal 16 April 1849 di Sangsit, ai menyanggupi akan menghalang-halangi Raja Karangasem dan Klungkung lari ke gunung. Raja Jembrana juga telah mengadakan persetujuan dengan Belanda.

Berdasarkan stimulus 3, manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan kondisi perlawanan yang terjadi di wilayah Bali? (Pilihan jawaban benar lebih dari satu) 

  • Kerajaan-kerajaan di Bali memiliki musuh bersama, yaitu Belanda. 
  • Hanya Buleleng, Karangasem, dan Klungkung yang menyatakan perlawanan terhadap Belanda.
  • Kerajaan Badung dan Bangi bersepakat dengan Belanda untuk melawan Karangasan dan Klungkung 
  • Kerja sama yang dibangun antara Jenderal Michiels dan Raja Bangli berupa bantuan pengiriman pasukan.
  • Kerajaan Jembrana, Bangi, dan Karangasem bersikap lunak atas intervensi Belanda terhadap kerajaan mereka.
Jawab:

  • Pernyataan “Kerajaan-kerajaan di Bali memiliki musuh yang bersama, yaitu Belanda”  adalah pernyataan yang tidak sesuai. Hal ini karena tidak semua kerajaan di Bali menjadi musuh Belanda. Beberapa kerajaan justru mendukung dan memihak Belanda untuk menyerang kerajaan-kerajaan di Bali lainnya.
  • Pernyataan “Hanya Buleleng, Karangasem, dan Klungkung yang menyatakan perlawanan terhadap Belanda” adalah pernyataan yang tidak sesuai, karena kerajaan yang menentang VOC yang disebutkan di dalam teks adalahKerajaan Karangasem dan Klungkung.
  • Pernyataan “Kerajaan Badung dan Bangli bersepakat dengan Belanda untuk melawan Karangasem dan Klungkung” adalah pernyataan yang sesuai. Kerajaan Badung dan Bangli mendukung VOC untuk melawan Karangasem dan Klungkung. 
  • Pernyataan “Kerja sama yang dibangun antara Jenderal Michiels dan raja Bangli berupa bantuan pengiriman pasukan” adalah pernyataan yang tidak sesuai. Tidak disebutkan dalam teks bahwa bentuk kerja sama Belanda dan raja Bangli berupa pengiriman pasukan.
  • Pernyataan “Kerajaan Jembrana, Bangli dan Karangasem bersikap lunak atas intervensi Belanda terhadap kerajaan mereka” adalah pernyataan yang tidak sesuai. Kerajaan Karangasem bukan termasuk kerajaan yang bersekutu dengan Belanda. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jatuhnya Buleleng ke tangan Belanda membawa pengaruh pada kerajaan-kerajaan lain. Beberapa kerajaan"