Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imperialisme merupakan istilah yang merujuk pada sistem perluasan kekuasaan suatu negara kaya dan

Imperialisme merupakan istilah yang merujuk pada sistem perluasan kekuasaan suatu negara kaya dan berkuasa di luar daerah negara tersebut. Kata imperialisme sendiri berasal dari bahasa latin imperium yang berarti 'kekuasaan', 'pemerintahan', dan 'kedaulatan'. Lantas, apa pengertian imperialisme dan bagaimana sejarah kemunculannya?

Pada mulanya, istilah ini dieunakan untuk merujuk sistem perluasan kekuasaan yang dilakukan Kerajaan Inggris di kawasan Asia-Afrika pada abad IX. Imperialisme memiliki tujuan utama, yaitu mendapatkan sumber dava secara murah dengan mendirikan pemerintahan imperialis di wilayah jajahan yang dianggap miskin dan terbelakang, namun kaya akan sumber daya.

Berdasarkan stimulus 1, di antara pernyataan berikut manakah yang sesuai dengan isi teks tersebut. Beri tanda centang () pada kolom Benar atau Salah.

No.

Pernyataan

Benar

Salah

1

Imperialisme yang dilakukan negara Barat pada awalnya ditujukan untuk eksploitasi kekayaan diluar wilayah kekuasaannya.

 

2

Penyebarluasan ajaran Kristen ke wilayah jajahan merupakan implementasi nilai imperialisme.

 

3

Kekayaan negara Barat pada masa itu bergantung pada modernisasi imperialisme pada wilayah jajahan.

 

4

Pemenuhan bahan baku suatu negara berkaitan dengan imperialisme negara Barat melalui penjelajahan samudra.

 

5

Salah satu dampak dari penerapan imperialisme di daerah jajahan adalah diskriminasi rasial yang menimpa penduduk pribumi.

 

Pembahasan:

Pernyataan nomor 1 adalah benar. Berdasarkan teks dijelaskan bahwa tujuan utama imperialisme adalah mendapatkan sumber daya secara murah dengan mendirikan pemerintahan imperialis di wilayah jajahan yang dianggap miskin dan terbelakang, namun kaya sumber daya alam. 

Pernyataan nomor 2 adalah benar. Berdasarkan teks, negara imperialis meyakini bahwa imperialisme merupakan salah satu bentuk tugas suci keagamaan, yaitu berupa penyebaran agama Nasrani.

Pernyataan nomor 3 adalah benar. Modernisasi di wilayah jajahan mendorong negara imperialis mengalami surplus modal dan barang. Oleh karena itu, semakin maju industri di negeri jajahan, hal tersebut akan mendatangkan kekayaan terhadap negara imperialis.

Pernyataan nomor 4 adalah salah. Di dalam teks dijelaskan pemenuhan bahan baku suatu negara mendorong negara-negara Barat melakukan penjelajahan samudra.

Pernyataan nomor 5 adalah salah. Di dalam teks tidak dijelaskan dampak dari imperialisme terhadap kehidupan masyarakat pribumi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Imperialisme merupakan istilah yang merujuk pada sistem perluasan kekuasaan suatu negara kaya dan"