Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang

Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dipegangi oleh seorang atau sekelompok orang. ideologi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ideologi tertutup dan terbuka. Jelaskan perbedaan keduanya.

Jawab:

Perbedaan ideologi terbuka dan tertutup dapat dipahami sebagai berikut. 

a.     Ideologi terbuka memiliki nilai dan cita-cita yang digali dari kekayaan rohani, budaya, dan moral masyarakat bukan diciptakan oleh negara. Sementara itu, ideologi tertutup diberikan oleh negara dan bersumber dari cita-cita sebuah kelompok dominan atau penguasa sehingga tidak kaya akan nilai serta tidak menganut unsur keberagaman. 

b.     Negara dengan ideologi terbuka memiliki sistem pemerintahan yang bersifat demokratis, terbuka, dan tidak totaliter. Ideologi terbuka tidak dapat dipakai melegitimasi kekuasaan sekelompok orang. Sementara pada negara dengan ideologi tertutup, sistem yang berlaku bersifat otoriter, karena penguasa akan bertindak sebagai representasi negara untuk menguasai dan mengatur semua bidang kehidupan masyakarat agar sesuai dengan ideologi yang dianut. 

c.     Di negara-negara dengan ideologi tertutup, rakyat dituntut memiliki kesetiaan total pada ideologi secara mutlak, konkret, taat, keras, dan total. Hal ini bertentangan dengan ideologi terbuka bersifat inklusif, fleksibel, dan menginspirasi masyarakat untuk sama-sama bertanggung jawab mewujudkan cita-cita yang ada.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang"