Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta-Fakta Menarik Sejarah Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Fakta-Fakta Menarik Sejarah Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat. Presiden ke-1 RI Sukarno membacakancteks Proklamasi bersama Mohammad Hatta. Bendera Merah Putih dikibarkan. Informasi mengenai kemerdekaan Republik Indonesia kemudian menyebar ke seluruh pelosok negeri secara berangsur-angsur terutama menggunakan saluran radio.

….

1.     Berdasarkan stimulus 1, pasangkan dengan menarik garis antara kolom di sebelah kiri dan kolom di sebelah kanan yang sesuai.

2.     Berdasarkan stimulus 1, terdapat beberapa fakta menarik seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tentukan pernyataan-pernyataan berikut sesuai atau tidak sesuai dengan teks tersebut dengan memberi tanda centang () pada kolom yang tersedia.

  • Pernyataan nomor 1 adalah pernyataan yang tidak sesuai. Proklamasi kemerdekaan Indonesia bertepatan dengan bulan Ramadan 1366 H, bukan 1336. 
  • Pernyataan nomor 2 adalah pernyataan yang sesuai. Frans Mendoer berbohong jika negatif film berisi foto proklamasi telah diserahkan kepada Barisa Pelopor. 
  • Pernyataan nomor 3 adalah pernyataan yang tidak sesuai. Sukarno sedang terserang penyakit Malaria pada saat membacakan teks proklamasi.
  • Pernyataan nomor 4 adalah pernyataan yang sesuai. Naskah proklamasi yang asli ditemukan oleh B. M. Diah di tempat sampah.
  • Pernyataan nomor 5 adalah pernyataan yang sesuai. Rekaman yang disebarluaskan bukan rekaman asli pembacaan Proklamasi, melainkam rekaman ulang Sukarno. Penyebaran berita dilakukan sembunyi-sembunyi oleh Adam Malik melalui perangkat kantor berita Domei.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Fakta-Fakta Menarik Sejarah Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945"