Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mediasi dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik sepakat untuk menunjuk pihak ketiga

Cara mediasi dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik sepakat untuk menunjuk pihak ketiga sebagai mediator. Hal tersebut cukup efektif karena .... 

   A.   secara sadar pihak-pihak yang berkonflik akan menarik diri tanpa harus kehilangan muka 

   B.    pihak-pihak yang berkonflik secara terpaksa akan menerima keputusan pihak ketiga

   C.    pihak-pihak yang berkonflik melakukan diskusi tentang kesepakatan tidak berkonflik

   D.   pihak yang berkonflik dapat duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan

   E.    merupakan cara yang paling efektif dalam penanganan konflik antarkelompok

Pembahasan:

Mediasi adalah proses penyelesaian konflik di mana pihak-pihak yang bertikai sepakat untuk menunjuk pihak ketiga yang netral sebagai mediator. Mediator bertugas membantu pihak-pihak yang berkonflik untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan memfasilitasi komunikasi yang efektif antara mereka.

Pilihan A (pihak-pihak yang berkonflik akan menarik diri tanpa harus kehilangan muka) tidak tepat karena mediasi melibatkan pihak-pihak yang berkonflik untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara terbuka.

Pilihan B (pihak-pihak yang berkonflik secara terpaksa akan menerima keputusan pihak ketiga) tidak tepat karena mediasi bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang saling disepakati oleh pihak-pihak yang berkonflik, bukan melalui keputusan yang dipaksakan.

Pilihan C (pihak-pihak yang berkonflik melakukan diskusi tentang kesepakatan tidak berkonflik) tidak tepat karena mediasi adalah proses diskusi dan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang mempertimbangkan kepentingan semua pihak yang terlibat.

Pilihan E (merupakan cara yang paling efektif dalam penanganan konflik antarkelompok) tidak tepat karena efektivitas metode penyelesaian konflik dapat bervariasi tergantung pada konteks dan karakteristik konflik tersebut.

Jawaban: D

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Cara mediasi dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik sepakat untuk menunjuk pihak ketiga"