Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan stimulus 1, Putera (Pusat Tenaga Rakyat) dibentuk guna merangkul kaum nasionalis pemuda

Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia

Masuknya Jepang ke Indonesia menandai dimulainya babak baru dalam sejarah Indonesia. Setelah ditandatanganinya Perjanjian Kalijati pada 8 Maret 1942, secara resmi Dai Nippon menduduki wilayah Indonesia, menggantikan Belanda. Pergantian rezim penjajahan in berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia saat itu. Salah satunya adalah dibentuknya sejumlah organisasi kemasyarakatan rakyat Indonesia oleh pemerintahan militer Jepang. Pada masa pendudukan pemerintah militer Jepang, aspek sosial kemasyarakatan menjadi salah satu aspek yang cukup diperhatikan. Ada beberapa gerakan atau organisasi masyarakat yang dibentuk di era penjajahan Dai Nippon di Indonesia pada 1942 hingga 1945.

Berdasarkan stimulus 1, Putera (Pusat Tenaga Rakyat) dibentuk guna merangkul kaum nasionalis pemuda Indonesia dengan melibatkan beberapa tokoh. Berikan tanda centang () pada beberapa kotak di depan nama tokoh yang terlibat dalam Putera.

  • Ir. Sukarno
  • Mr. Syamsuddin
  • Mohammad Hatta
  • K. H. Mas Mansyur
  • Radjiman Wedyodiningrat
Jawab:
Beberapa tokoh yang terlibat dalam Putera di antaranya adalah Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, K. H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara.

Mr. Syamsuddin tidak termasuk tokoh Putera karena ia merupakan ketua Gerakan Tiga A. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan stimulus 1, Putera (Pusat Tenaga Rakyat) dibentuk guna merangkul kaum nasionalis pemuda"