Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan stimulus 1, manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan imperialisme modern?

Imperialisme merupakan istilah yang merujuk pada sistem perluasan kekuasaan suatu negara kaya dan berkuasa di luar daerah negara tersebut. Kata imperialisme sendiri berasal dari bahasa latin imperium yang berarti 'kekuasaan', 'pemerintahan', dan 'kedaulatan'. Lantas, apa pengertian imperialisme dan bagaimana sejarah kemunculannya?

Pada mulanya, istilah ini dieunakan untuk merujuk sistem perluasan kekuasaan yang dilakukan Kerajaan Inggris di kawasan Asia-Afrika pada abad IX. Imperialisme memiliki tujuan utama, yaitu mendapatkan sumber dava secara murah dengan mendirikan pemerintahan imperialis di wilayah jajahan yang dianggap miskin dan terbelakang, namun kaya akan sumber daya.

Berdasarkan stimulus 1, manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan imperialisme modern? (Pilihan jawaban benar lebih dari satu)

  • Kemunculan imperialisme modern merupakan dampak dari suksesnya penerapan imperialisme kuno bangsa Barat.
  • Lahirnya Revolusi Industri mengubah pola penjajahan menjesabih eksploitatif terhadap penduduk pribumi.
  • Upaya untuk meningkatkan komoditas perdagangan dengan negara besar merupakan contoh imperialisme modern.
  • Perkembangan agama Kristen yang masif di daerah jajahan mempermudah penerimaan masyarakat terhadap kedatangan bangsa Barat. 
  • Upaya untuk memperkaya diri sendiri melalui kepemilikan logam mulia merupakan ciri-cir kehidupan bangsa Barat sebelum Revolusi Industri.

Pembahasan:

Jawaban benar:

  • Lahirnya Revolusi Industri mengubah pola penjajahan menjadi lebih eksploitatif terhadap penduduk pribumi. Berdasarkan teks dijelaskan bahwa imperialisme modern menekankan pada aspek eksploitasi ekonomi wilayah terjajah.
  • Kemunculan imperialisme modern nerupakan dampak dari suksesnya I,perialisme kuno bangsa Barat. Setelah berhasil melakukan imperialisme di negara-negara terjajah, pasca 1870 terjadi Revolusi Industri yang mendorong munculnya imperialisme modern. 
  • Upaya untuk meningkatkan komoditas perdagangan dengan negara besar merupakan contoh imperialisme modern. Di dalam teks dijelaskan bahwa imperialisme modern difokuskan untuk mendapat kekuasaan atas wilayah-wilayah yang kaya akan bahan baku untuk keperluan industri Eropa. Peningkatan komoditas perdagangan yang berasal dari negara-negara jajahan adalah contoh imperialisme modern.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdasarkan stimulus 1, manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan imperialisme modern?"