Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bandingkan kebijakan Daendels dan Raffles dalam bidang politik, sosial, dan budaya di Hindia Belanda

Bandingkan kebijakan Daendels dan Raffles dalam bidang politik, sosial, dan budaya di Hindia Belanda. Selanjutnya, buatlah simpulan dari hasil perbandingan yang telah Anda buat.

Pembahasan:

Kebijakan Daendels dalam bidang politik, sosial, dan budaya:

Membagi pulau Jawa menjadi sembilan prefektur, mengangkat para bupati menjadi pegawai pemerintah, menaikan gaji para pegawai, serta membangun Jalan Raya PostWeg. 

Kebijakan Raffles dalam bidang politik, sosial, dan budaya:

Menghapus kerja paksa, menghapus contingenten dan verplichte leverantie, memperkenalkan sistem sewa tanah, serta mengangkat bupati sebagai pegawai pemerintah dan menghapus jabatan turun-temurun. 

Berdasarkan kebijakan-kebijakan dua gubernur tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebijakan pada masa pemerintahan Daendels difokuskan untuk mempertahankan kekuasaan Belanda di Hindia Belanda terutama Jawa. Sementara itu, pada masa pemerintahan Raffles, kebijakan-kebijakan yang diterapkan lebih menekankan asas-asas liberal. Hal itu nampak pada dihapuskannya beberapa kebijakan Belanda yang menyengsarakan rakyat pribumi. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Bandingkan kebijakan Daendels dan Raffles dalam bidang politik, sosial, dan budaya di Hindia Belanda"