Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacalah teks berikut dengan saksama. Pada 1619, VOC merebut Jayakarta (bagian barat Pulau Jawa yang

Bacalah teks berikut dengan saksama.

Pada 1619, VOC merebut Jayakarta (bagian barat Pulau Jawa yang belum ditaklukkan Mataram) dari Kesultanan Banten. Oleh VOC, nama Jayakarta diganti menjadi Batavia (sekarang Jakarta). Markas mereka pun dipindahkan ke Batavia. Hal ini semakin mempersulit Mataram menguasai Banten. Lebih dari itu, penguasaan atas Batavia merupakan ancaman nyata terhadap eksistensi Mataram itu sendiri. Hal tersebut karena VOC tidak mengakui kedaulatan Mataram. Setelah membangun basis di Batavia, VOC kerap menghalang- halangi kapal-kapal Mataram yang ingin berdagang ke Malaka. Hal itu menunjukkan bahwa VOC memang berusaha memonopoli perdagangan di Pulau Jawa, bahkan menguasai Mataram.

Meskipun demikian, Sultan Agung tidak gentar. Pada 1625, Surabaya takluk setelah Mataram memutus rantai pasokan makanan ke kota tersebut. Selanjutnya, untuk menguasai Banten, VOC harus disingkirkan terlebih dahulu. Pada 1628 dan 1629, Mataram menyerang VOC di Batavia. Kedua serangan tersebut gagal. Masa depan Mataram selanjutnya sudah dapat diprediksi dari peristiwa tersebut.

Pernyataan berikut yang sesuai dengan maksud dari kalimat terakhir pada teks adalah ....

   A. VOC memonopoli perdagangan hingga ke Malaka.

   B. VOC menjadikan Banten pusat pemerintahan VOC.

   C. Selain monopoli perdagangan, VOC berniat menguasai Nusantara. 

   D. Mataram akhirnya menguasai Banten kendati gagal menguasai Batavia. 

   E. Setelah gagal menyerang Batavia, Mataram melemah karena intervensi VOC.

Pembahasan:

Berdasarkan kalimat terakhir pada teks, setelah Mataram gagal menyerag VOC pada 1628 dan 1629, selanjutnya Kesultanan Mataram melemah. Hal itu karena pada perkembangannya, VOC berhasil mengintervensi Kesultanan Mataram.

Jawaban: E

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Bacalah teks berikut dengan saksama. Pada 1619, VOC merebut Jayakarta (bagian barat Pulau Jawa yang"