Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apakah keprihatinan mendasar dr. Wahidin Sudirohusodo

Sejarah Terbentukya Budi Utomo

Berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908 oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) menandai kebangkitan nasional Indonesia. Sejak1908, sejarah Indonesia memasuki babak baru, yaitu masa pergerakan nasional. Pergerakan nasional adalah masa bangkitnya rasa semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Wahidin Sudirohusodo, dokter lulusan STOVIA, berperan penting dalam proses berdirinya Budi Utomo. Wahidin sering berkeliling kota-kota besar di Jawa mengunjungi tokoh-tokohmasyarakat sambil menvampaikan gagasan pentingnya "dana pelajar" untuk membantu pemuda-pemuda cerdas yang tidak dapat melanjutkan sekolah.

….

Berdasarkan stimulus 1, apakah keprihatinan mendasar dr. Wahidin Sudirohusodo?

Jawab:

Hal yang menjadi keprihatinan dr. Wahidin Sudirohusodo adalah rendahnya tingkat pendidikan rakyat Indonesia akibat sistem kolonialisme Belanda yang membodohi bangsa jajahannya. 

Wahidin yakin bahwa pendidikan akan meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia serta membantu rakyat Indonesia bebas dari keterbelakangan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "apakah keprihatinan mendasar dr. Wahidin Sudirohusodo"