Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuliskan tiga kelompok dasar ilmu ekonomi dan berikan contoh nyata dari tiap kelompok tersebut

Tuliskan tiga kelompok dasar ilmu ekonomi dan berikan contoh nyata dari tiap kelompok tersebut. 

Jawab:

Ilmu ekonomi dibagi atas tiga kelompok dasar, yaitu 

a.   Kelompok ekonomi deskriptif

Ekonomi deskriptif bekerja dengan mengumpulkan informasi-informasi faktual mengenai masalah ekonomi. Ekonomi deskriptif menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat.

Contoh ekonomi deskriptif dalam kehidupan sehari-hari yang paling sederhana dan sudah biasa masyarakat alami adalah kenaikan gaji UMR. 

b.   Kelompok teori ekonomi, dan 

Teori ekonomi terbagi atas ekonomi makro dan ekonomi mikro. Untuk ekonomi makro, contohnya ketika harga energi, makanan, komoditas, dan barang serta jasa lainnya naik, seluruh perekonomian terpengaruh.

Untuk ekonomi mikro, contohnya adalah kondisi perekonomian rumah tangga, perhitungan biaya rumah tangga dalam kurun waktu satu bulan

c.   Kelompok ekonomi terapan.

Ekonomi terapan merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

Contohnya, ketika ada seorang konsumen hendak membeli barang mewah dan ia tidak mempunyai uang yang cukup atau terbatas. Sebelum keputusan diambil, konsumen dapat mempertibangkan beberapa teori ekonomi. Sehingga ia mendapatkan penilaian yang tepat tentang biaya dan dampak jangka panjang dari pembelian barang mewah tersebut. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Tuliskan tiga kelompok dasar ilmu ekonomi dan berikan contoh nyata dari tiap kelompok tersebut"