Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sandy dan keluarga telah pindah dan tinggal di negara Kanada selama setahun ini. Suhu di wilayah yang

Sandy dan keluarga telah pindah dan tinggal di negara Kanada selama setahun ini. Suhu di wilayah yang mereka tempat hampir sepanjang tahun tidak lebih dan 5 celcius. Sejak menetap di wilayah itu, Sandy telah membeli banyak baju tebal. Berdasarkan wacana tersebut, faktor nonekonomi yang memengaruhi pembelian baju tebal oleh Sandy adalah ....

    A.   tempat tinggal

    B.    tingkat pendidikan

    C.    tingkat pendapatan

    D.   besarnya diskon barang

    E.    tingkat harga barang dan jasa

Pembahasan:

Faktor nonekonomi itu antara lain 

a.     Jumlah tanggungan keluarga. Semakin banyak jumlah keluarga atau tanggungan keluarga, semakin banyak pula jumlah dan jenis konsumsi keluarga yang bersangkutan, demikian pula sebaliknya.

b.   Tingkat pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin beragam kebutuhan orang tersebut. Misalnya, orang yang berpendidikan perlu membeli dan membaca buku. Sebaliknya, bagi orang yang buta huruf atau tidak berpendidikan, buku bukan merupakan kebutuhan utama.

c.   Tempat tinggal, serta lingkungan tempat tinggal juga memengaruhi konsumsi seseorang. Kebutuhan orang yang tinggal di daerah beriklim dingin akan berbeda dengan orang yang tinggal di daerah beriklim panas. 

d.   lingkungan sosial, budaya, agama, dan adat istiadat. Lingkungan sosial, budaya, agama, dan adat istiadat juga memengaruhi konsumsi seseorang. Contoh nyata dalam hal ini dapat dilihat dari segi makanan. Umumnya, orang dari suku Jawa suka makanan yang manis, sedangkan orang dari suku Minang suka makanan pedas.

Jawaban: A

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Sandy dan keluarga telah pindah dan tinggal di negara Kanada selama setahun ini. Suhu di wilayah yang"