Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut. 1) Pada tahun 1941, Jepang menjatuhkan bom atom di pangkalan angkatan laut

Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut.

1) Pada tahun 1941, Jepang menjatuhkan bom atom di pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour.

2) Jepang mendarat di Hindia-Belanda pada 11 Januari 1942.

3) Berita pengeboman Nagasaki dan Hisroshima diketahui oleh aktivis pergerakan pada 9 Agustus 1945. Pada hari yang sama, Sukarno, Moh. Hatta, serta Rajiman Wedyodiningrat dipanggil ke Dalat, Vietnam.

4) Pada 12 Agustus, ketiga perwakilan BPUPKI mengumumkan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia melalui PPKI.

5) Mendengar berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu, pada 15 Agustus 1945 golongan muda mendesak Sukarno agar segera memproklamasikan kemerdekaan.

6). Golongan muda membawa paksa Sukarno ke Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 dengan tujuan mendesak kembali serta merencanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia secepatnya.

Berdasarkan peristiwa tersebut, peristiwa yang tidak tepat mengenai kronologi peristiwa Rengasdengklok ditunjukkan nomor…..

     A. 1) dan 2)

     B. 2) dan 4)

     C. 3) dan 5)

     D. 4) dan 6)

     E. 5) dan 6)

Pembahasan:

Berdasarkan peristiwa pada soal, peristiwa yang tidak tepat mengenai kronologi peristiwa Rengasdengklok ditunjukkan nomor 1) dan 2).

JawabanA

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut. 1) Pada tahun 1941, Jepang menjatuhkan bom atom di pangkalan angkatan laut"