Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5? Jelaskan.

Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut.

a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5? Jelaskan.

b. Apa yang terjadi pada virus setelah melewati tahap 3? Jelaskan.

Jawab:

a. Kondisi 3 adalah awal tahap siklus litik. Kondisi tersebut terjadi ketika pertahanan sel inang lebih lemah dibandingkan daya infeksi virus. Oleh karena itu, terjadi replikasi dan sintesis bagian-bagian virus membentuk partikel utuh yang selanjutnya memecahkan sel inang. Kondisi 4 dan 5 merupakan tahapan di dalam siklus lisogenik. Terjadi jika sel inang memiliki pertahanan yang lebih baik dibandingkan daya infeksi virus. Pada tahap 4, DNA virus (fag) disisipkan pada kromosom sel inang (bakteri). Kemudian pada tahap 5, kromosom sel inang yang telah tersisipi DNA profag mengadakan replikasi terus-menerus selama terjadi pembelahan sel.

b. Tahap 2 merupakan kondisi ketika virus menginjeksikan materi genetiknya ke dalam sel inang. Setelah itu, pada tahap 3, virus akan memasuki tahap sintesis DNA di dalam sel inang. Jika pertahanan tubuh sel inang lebih lemah dibandingkan daya infeksi virus maka DNA sel inang akan dihidrolisis oleh DNA virus untuk membuat asam nukleat dan protein komponen virus baru. Sementara itu, jika daya infeksi virus lebih lemah dibandingkan pertahanan tubuh sel inang maka DNA virus akan bergabung dengan DNA sel inang dan ikut mengalami pembelahan bersama sel inang.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5? Jelaskan."