Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran tiap warga negara dapat dibedakan menjadi peran pasif dan peran aktif serta peran positif dan

Peran tiap warga negara dapat dibedakan menjadi peran pasif dan peran aktif serta peran positif dan negatif. Tuliskan masing-masing satu contoh peran tersebut berkaitan dengan status Anda sebagai seorang warga sekolah.

Jawab:

1.  Peran Pasif: Sebagai siswa, peran pasif dapat ditunjukkan dengan hanya menjadi penerima informasi dan kebijakan sekolah tanpa terlibat secara aktif. Contohnya, jika ada perubahan jadwal pelajaran, peran pasif saya adalah hanya menerima informasi tersebut tanpa memberikan masukan atau partisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

2.  Peran Aktif: Sebagai siswa yang memiliki peran aktif, saya berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan sekolah dan memberikan kontribusi. Contohnya, saya dapat menjadi anggota aktif dalam organisasi siswa, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan berpartisipasi dalam forum diskusi atau pertemuan yang diadakan di sekolah.

3.  Peran Positif: Sebagai warga sekolah yang berperan positif, saya bertanggung jawab untuk menjunjung tinggi nilai-nilai baik, etika, dan disiplin dalam lingkungan sekolah. Contohnya, saya berperilaku sopan, menghormati guru dan teman sekelas, serta menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.

4.  Peran Negatif: Sebagai warga sekolah, peran negatif dapat ditunjukkan dengan perilaku yang merugikan atau melanggar aturan sekolah. Contohnya, melakukan kecurangan dalam ujian, terlibat dalam perundungan (bullying), atau menyebabkan kerusuhan di sekolah.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Peran tiap warga negara dapat dibedakan menjadi peran pasif dan peran aktif serta peran positif dan"