Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Kuning Penyebab Harga Cabai Meroket Penyakit utama pada tanaman cabai

 Penyakit Kuning Penyebab Harga Cabai Meroket

Penyakit utama pada tanaman cabai adalah penyakit kuning. Penyakit ini disebabkan oleh Begomovirus atau disebut virus gemini yang ditularkan oleh kutu kebul (Bemisia tabaci). Virus gemini dapat berkembang biak di dalam tubuh imago kutu kebul. Tanaman yang terserang penyakit ini menunjukkan gejala kerdil, daun berwarna kuning mosaik klorosis dan mengeriting ke arah atas, tulang daun memutih dan menebal, serta tidak menghasilkan buah. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan hasil panen sekitar 20%-90% yang berdampak pada kenaikan harga caba di pasaran.

Virus gemini ditemukan di daerah dataran rendah 100 mdpl hingga dataran tinggi 1000 mdpl (meter di atas permukaan laut). Pengendalian penyakit kuning dilakukan dengan cara menghalang terjadinya infeksi virus pada waktu tanaman masih muda. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menganjurkan agar menanam cabai dengan benih varietas toleran/tahan, misalnya Tanjung-1, Tanjung-2, Lembang-1 atau hibrid Hot Chilli dan Hot Beauty. Cara pengendalian lainnya dengan pengolahan tanah dan pemupukan yang berimbang, persemaian yang benar, penggunaan mulsa plastik hitam perak, menanam tanaman penghadang, sanitasi, imunisasi tanaman muda, serta pencabutan tanaman yang sakit. Mengurangi populasi kutu kebul dapat dengan cara menggunakan perangkap, tumpang sari dengan berbagai jenis tanaman, pemanfaatan musuh alami, serta insektisida nabati.


Berilah tanda centang () pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan dalam tabel berikut.

 

Pernyataan

Benar

Salah

A.

Penyebab penyakit kuning pada tanaman cabai adalah kutu kebul.

 

 

B.

Pencegahan penyakit kuning pada tanaman cabai dapat dilakukan dengan imunisasi tanaman muda.

 

 

C.

Bemisia tabaci merupakan serangga vektor pada penularan penyakit kuning pada tanaman cabai.

 

 

D.

Daun tanaman cabai menguning, klorosis, dan keriting akibat dimakan oleh kutu kebul.

 

 

Tuliskan alasannya.

Jawab:

Pernyataan A (salah). Penyebab penyakit kuning pada tanaman cabai adalah Begomovirus.

Pernyataan B (benar). Pencegahan penyakit kuning pada tanaman cabai dapat dilakukan dengan imunisasi tanaman muda supaya tanaman menjadi kebal terhadap penyakit.

Pernyataan C (benar). Bemisia tabaci adalah nama ilmiah dari kutu kebul. Kutu tersebut merupakan vektor (pembawa) virus gemini penyebab penyakit kuning pada tanaman cabai.

Pernyataan D (salah). Daun tanaman cabai menguning, klorosis, dan keriting akibat terinfeksi virus gemini (Begomovirus).

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for " Penyakit Kuning Penyebab Harga Cabai Meroket Penyakit utama pada tanaman cabai"