Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasangkan ekosistem alamiah dan ekosistem buatan dalam tabel yang merupakan keanekaragaman tingkat ekosistem

 Keanekaragaman Hayati di Lingkungan Sekolah

Sekolah Menengah Atas "Erlangga memiliki luas tanah 70 m2 terletak di dekat daerah persawahan penduduk yang dialini sungai dengan air yang jernih. Di sungai, banyak hidup ikan uceng (Nemacheilus fasciatus), lele kampung (Clarias batrachus), ikan tawes (bader, Barbonymus gonionotus), dan ikan wader (Barbodes binotatus).

Di sawah, sering ditemukan kepiting (yuyu, Parathelphusa convexa), keong (Pila ampullacea), dan belut (Monopterus albus). Keong dan yuyu sering dimanfaatkan penduduk sebagai campuran makanan hewan ternak bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) untuk meningkatkan produksi telur. Di dahan pohon-pohon sekitar persawahan, terkadang hinggap burung kutilang (Pycnonotus aurigaster), burung prenjak (Prinia familiaris), burung jalak suren (Sturnus contra), dan burung emprit. Di sela-sela tanaman padi, sengaja dibiarkan tumbuh paku air (Azolla pinnata) yang hidup bersimbiosis dengan ganggang biru (Anabaena azoliae), untuk mengikat nitrogen bebas. Di sekitar persawahan, masih terbentang area yang cukup luas berupa rawa-rawa.

Sekolah memiliki kebun dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan praktikum, tanaman obat-obatan, serta sayuran, seperti bayam cabut (Amaranthus hybridus), dan bayam putih (Amaranthus tricolor). Kolam yang besar dimanfaatkan untuk memelihara ikan nila (Oreochromis niloticus). Sementara, pada kolam kecil yang tampak hijau, digunakan untuk memelihara tumbuhan Hydrilla sp., serta ganggang mikroskopis, seperti Spirogyra sp., Chlorella sp., dan Chlamydomonas sp..

Pasangkan ekosistem alamiah dan ekosistem buatan dalam tabel yang merupakan keanekaragaman tingkat ekosistem di lingkungan sekolah "Erlangga".

 

Jenis Ekosistem

 

Ekosistem

I.

Ekosistem alamiah

a.

b.

c.

d.

e.

f.

Sawah

Pantai

Gunung

Sungai


Danau

II.

Ekosistem buatan

e. 

f.

g.

h.

Rawa


Kebun

Kolam

Jawab:

Pasangkan ekosistem alamiah dan ekosistem buatan dalam tabel yang merupakan keanekaragaman tingkat ekosistem di lingkungan sekolah “Budi Lestari”.


----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Pasangkan ekosistem alamiah dan ekosistem buatan dalam tabel yang merupakan keanekaragaman tingkat ekosistem"