Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Para ahli giat melakukan penelitian untuk menemukan jenis mikroorganisme yang dapat dimanfaatkan

Para ahli giat melakukan penelitian untuk menemukan jenis mikroorganisme yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan bioteknologi nonpangan. Pasangkan pernyataan terkait bioteknologi nonpangan dengan jenis mikroorganisme yang digunakan berikut.

Jawab:

Bioteknologi Nonpangan 1. Pemisahan logam dari bijihnya dapat dilakukan dengan bantuan mikroorganisme tertentu, seperti bakteri Thiobacillus ferrooxidans. Proses tersebut dinamakan sebagai biomining.

Bioteknologi Nonpangan 2. Pembuatan bioplastik untuk menghasilkan peralatan makan dapat dihasilkan dengan bantuan bakteri Alcaligenes eutrophus. Bakteri tersebut menghasilkan jenis biplastik poli hidroksi butirat (PHB) yang dapat diuraikan kembali oleh A. eutrophus dan mikroorganisme lainnya sehingga bersifat biodegradable.

Bioteknologi Nonpangan 3. Pengolahan limbah minyak bumi dapat dilakukan dengan bantuan jamur Cladosporium resinae. Jamur tersebut dapat membantu menguraikan limbah minyak yang tercemar menjadi senyawa yang lebih tidak berbahaya bagi lingkungan.

Bioteknologi Nonpangan 4. Proses bioremediasi secara anaerob (dalam kondisi tanpa oksigen) dilakukan oleh jenis bakteri Methanobacterium sp. Bakteri tersebut akan mengolah limbah dan menghasilkan produk berupa gas metana dan karbon dioksida.

Bioteknologi Nonpangan 5. Pengolahan limbah pabrik tepung tapioka memanfaatkan bakteri Clostridium butyrium. Bakteri tersebut akan memecah senyawa kompleks dalam tepung menjadi senyawa lebih sederhana.

Jawaban1-b; 2-e; 3-a; 4-c; 5-f

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Para ahli giat melakukan penelitian untuk menemukan jenis mikroorganisme yang dapat dimanfaatkan"