Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pada umumnya, kopi fermentasi tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Apakah kopi fermentasi

Kopi Fermentasi

Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak kafe atau kedai kopi yang menawarkan dan menyediakan berbagai variasi minuman kopi. Berbagai cara dicoba dalam pengolahan biji kopi untuk meningkatkan kualitas cita rasanya, seperti metode fermentasi.

Teknik fermentasi dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu fermentasi aerobik dan fermentasi anaerobik. Fermentasi aerobik dilakukan dengan cara membiarkan biji kopi yang baru dipelik dan mikroorganisme bekerja di dalam wadah/tangki. Sementara itu, fermentasi anaerobik dilakukan dengan cara meletakkan biji kopi dalam tangki yang berisi air dan ditutup rapat agar tidak ada oksigen yang masuk sehingga memungkinkan berbagai mikroorganisme bekerja.

.....

Pada umumnya, kopi fermentasi tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Apakah kopi fermentasi diproduksi dalam kondisi steril? Jelaskan alasannya.

Jawab:

Kopi fermentasi biasanya tidak diproduksi dalam kondisi steril. Hal tersebut dikarenakan mikroorganisme yang berperan dalam proses fermentasi kopi akan menekan pertumbuhan mikroorganisme patogen sehingga umumnya tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Pada umumnya, kopi fermentasi tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Apakah kopi fermentasi"