Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menurut teori penyebaran Islam di Nusantara, Islam dibawa oleh para saudagar Islam dari Gujarat, Arab

Menurut teori penyebaran Islam di Nusantara, Islam dibawa oleh para saudagar Islam dari Gujarat, Arab dan Persia. Jelaskanlah hubungan antara para saudagar Islam tersebut dengan Jalur Rempah dan penyebaran Islam di Nusantara.

Jawab:

Pada abad XIII M, saudagar-saudagar Islam telah menjadi kekuatan dominan dalam perdagangan rempah di sepanjang Laut Tengah, Laut Merah, Teluk Parsi, Samudra Hindia, Selat Malaka, Laut Tiongkok Selatan, dan Asia-Pasifik. Pendeta Tiongkok, I-Tsing, ketika sedang melakukan ziarah ke India menyaksikan bahwa di mana ada rempah, di situ ada saudagar Islam.

Para saudagar itu menjalin kontak dengan para adipati wilayah pesisir dan perlahan-lahan masuk ke lingkaran pusat istana. Ketika raja-raja dan para bangsawan memeluk Islam, rakyatnya dengan mudah mengikuti. Setelah memeluk Islam, baik rakyat biasa, pedagang Nusantara maupun anggota keluarga istana, ikut menyebarkan Islam ke kota-kota pelabuhan dan pesisir yang lain.

Sementara itu, karakteristik kultur pesisir yang mudah menerima serta terbuka terhadap hal-hal baru merupakan faktor lain yang memudahkan penyebaran agama dan kebudayaan Islam.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Menurut teori penyebaran Islam di Nusantara, Islam dibawa oleh para saudagar Islam dari Gujarat, Arab"