Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan perbedaan cara kerja pencarian menggunakan algoritme linear dan biner. Jelaskan keunggulan

Jelaskan perbedaan cara kerja pencarian menggunakan algoritme linear dan biner. Jelaskan keunggulan satu algoritme dibanding yang lain.

Jawab:

Pencarian menggunakan algoritme linear (sequential search) dan algoritme biner (binary search) memiliki perbedaan dalam cara kerja dan keunggulannya masing-masing.

1. Algoritme Linear:

  • Cara Kerja: Algoritme linear melakukan pencarian data dengan mengecek setiap elemen secara berurutan dari awal hingga akhir. Mulai dari elemen pertama, algoritme akan membandingkan nilai yang dicari dengan setiap elemen dalam urutan linear.
  • Keunggulan: Keunggulan algoritme linear adalah bahwa ia dapat digunakan pada setiap jenis data dan tidak memerlukan persyaratan khusus terhadap data yang diurutkan atau terstruktur. Algoritme ini juga sederhana dan mudah dipahami.

2. Algoritme Biner:

  • Cara Kerja: Algoritme biner bekerja pada data yang diurutkan secara terurut. Pencarian dilakukan dengan membagi data menjadi dua bagian dan membandingkan nilai yang dicari dengan elemen tengah. Jika nilai yang dicari lebih kecil dari elemen tengah, maka pencarian dilanjutkan pada setengah kiri data. Jika nilai yang dicari lebih besar, maka pencarian dilanjutkan pada setengah kanan data. Proses ini terus berlanjut hingga elemen ditemukan atau tidak ada lagi elemen yang dapat dibagi.
  • Keunggulan: Keunggulan utama algoritme biner adalah efisiensi waktu. Karena data diurutkan, algoritme ini dapat membagi data menjadi setengah dengan setiap langkah pencarian, mengurangi jumlah langkah yang diperlukan. Dengan demikian, algoritme biner cenderung lebih cepat daripada algoritme linear, terutama untuk data yang besar.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan perbedaan cara kerja pencarian menggunakan algoritme linear dan biner. Jelaskan keunggulan"